Banner Abdullah Taufik

Gasra Selalu Optimis Terus Berproses Menuju Sukses

Dirgahayu Kabupaten Musi Banyuasin ke 66 Tahun
Pemerintah DaerahSosial Kebudayaan

PT KAI Divre III Palembang Beri Fasilitas Kesehatan Bagi Penumpang

Sumsel Independen – Menghadapi arus mudik Libur Natal dan Tahun Baru, berbagai kesiapan dilakukan oleh PT KAI (Persero) Divre III Palembang. Sebagai bentuk kepeduliannya, pihak PT. KAI berikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di beberapa Stasiun utama, seperti Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Lubuklinggau.

Manager Humas Divre III Palembang Aida Suryanti menyampaikan, bahwa melalui kegiatan tersebut, pihaknya sengaja memberikan fasilitas tambahan kepada para penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan kereta api pada musim angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Ia menyampaikan, dalam layanan pemeriksaan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 4 dokter dan 15 petugas medis dari Tim Kesehatan. “Divre III Palembang siap melayani para penumpang yang ingin memeriksa kesehatannya,” kata Aida, Selasa (31/12).

Aida juga menjelaskan, untuk di Stasiun Kertapati, pelayanan kesehatan dimulai pada pukul 07.00 WIB yang dilayani 1 dokter dan 8 petugas medis, dengan layanan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, pengukuran berat badan serta konsultasi medis.

Baca Juga :   Minyak goreng Menghilang di Pasaran, Ini Tanggapan Disperindag OKUT

“Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis ini merupakan tambahan setelah sebelumnya stasiun telah menyediakan Pos Kesehatan Gratis bagi penumpang di Stasiun dan Posko Kesehatan yang bekerjasama dengan pihak eksternal,” ujarnya.

Masih dikatakan Aida, selain fasilitas kesehatan, pihak KAI juga menyediakan Ruang Ibu Menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.

“Dengan mengadakan kegiatan ini, KAI juga bisa mengantisipasi penumpang yang dalam kondisi kurang sehat atau tidak layak untuk melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api. Karena untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang memerlukan kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak,” tuturnya.

Dipaparkannya, beberapa fasilitas telah disiapkan oleh pihak KAI, seperti Klinik Mediska yang telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik Pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA yang bertujuan untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi kegawatdaruratan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit.

Baca Juga :   HD Optimistis PP 72 Perkuat Peran Pengawasan Inspektorat di Daerah  

“KAI mengimbau agar para penumpang dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah disediakan KAI ini. Selain itu pastikan kembali kondisi kesehatan dalam kondisi yang fit sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api,” pungkasnya. (WrC/Ril)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button