Griya Literasi
Pemkot

PT KAI Divre III Palembang Siapkan 75.968 Tempat Duduk Sambut Libur Idul Adha dan Sekolah

Selasa, 11 Jun 2024 12:24 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Dalam rangka menyambut libur Idul Adha dan libur sekolah, PT KAI Divre III Palembang telah menyiapkan 75.968 tempat duduk untuk periode 13 Juni hingga 14 Juli 2024. Kapasitas ini terbagi untuk beberapa kereta api, termasuk KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang, dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP).

Aida Suryanti, Manager Humas KAI Divre III Palembang, menyatakan kesiapan pihaknya untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat selama periode libur tersebut. “Kami siap mengakomodir kebutuhan masyarakat yang melakukan mobilitasnya pada periode libur hari raya Idul Adha 1445 dan liburan anak sekolah tahun ajaran 2023/2024,” ujar Aida.

Hingga Senin (10/6), pemesanan tiket kereta api jarak jauh di Divre III Palembang untuk keberangkatan antara 13 Juni hingga 14 Juli 2024 telah mencapai 44.687 pelanggan, atau 59 persen dari total kapasitas yang tersedia. “Penjualan tertinggi terjadi pada KA Bukit Serelo dan KA Ekspres Rajabasa, yang tiketnya telah habis terjual sampai awal Juli,” tambahnya.

Selain menyediakan kapasitas tempat duduk yang cukup, PT KAI juga melakukan peningkatan pelayanan dengan mempercepat proses pengembalian dana pembatalan tiket. Mulai 1 Juni 2024, pengembalian dana dilakukan dalam waktu maksimal 7 hari setelah tanggal pembatalan, dibandingkan sebelumnya yang memakan waktu 30 hingga 45 hari. Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

“Perubahan ketentuan batas waktu pengembalian bea tiket tersebut guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan mempercepat proses pengembalian dana, KAI berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan memuaskan bagi para penumpang setianya,” jelas Aida.

Untuk memudahkan proses pengembalian dana, KAI menyediakan beberapa metode, termasuk transfer ke rekening bank atau e-wallet penumpang. Bagi yang belum memiliki rekening bank atau e-wallet, KAI menawarkan pengembalian dana secara tunai di stasiun-stasiun tertentu, pada 7 hari setelah tanggal pembatalan.

Proses pembatalan tiket bisa dilakukan melalui aplikasi Access by KAI dan di loket stasiun yang melayani pembatalan tiket, dengan biaya administrasi sebesar 25% per tiket. Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan, sementara di loket stasiun selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan.

Dengan kebijakan baru ini, KAI menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi harapan pelanggan. Penumpang yang membatalkan perjalanan kini tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kembali dana mereka, sehingga proses pembatalan menjadi lebih mudah dan tidak memberatkan.

“Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan KAI, serta menarik lebih banyak penumpang untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama mereka,” tutup Aida. (DN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode