Griya Literasi
Pemkot

Ratusan Jemaah Calon Haji OTW Mekkah

Rabu, 29 Mei 2024 22:19 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Ratusan Jemaah calon Haji asal Kabupaten Lahat resmi dilepas PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, Rabu (29/5/2024) malam.

Tahun ini terdapat 283 Jemaah calon Haji Kabupaten Lahat yang akan melakukan ibadah rukun islam kelima tersebut. Para Jemaah Haji tersebut tergabung kedalam kloter 14 embarkasi Palembang.

Farid mengatakan, selama menunaikan ibadah Haji di tanah suci Mekah, para Jemaah harus selalu menjaga kesehatannya. Sebab, suhu cuaca disana tentu berbeda dengan di Kabupaten Lahat.

“Saya berharap seluruh Jemaah asal Kabupaten Lahat dapat menjaga kesehatan di tanah suci, serta harus kompak selama menjalankan ibadah Haji. Pulang dalam keadaan selamat seperti berangkat dan menjadi Haji yang mabrur dan mabruroh,” ujar Farid.

Kasi Haji dan Umrah Ujang Jamhari MPdI menyampaikan, tahun ini Kemenag Kabupaten Lahat memberangkatkan Jemaah calon Haji sebanyak 283 orang, termasuk 66 orang cadangan didalamnya dan lima Jemaah calon Haji yang terima pelimpahan nomor porsi.

“Ada lima Jemaah calon Haji yang seharusnya pergi tahun ini namun digantikan karena pergantian tahun pelimpahan porsi. Pelimpahan nomor porsi ini karena orang tua atau keluarganya meninggal jadi digantikan oleh anggota keluarga lainnya,” jelasnya.

Ujang juga menerangkan, usia termuda Jemaah calon Haji yakni berusia 21 tahun atas nama Shinta Yulianti tahun. Sedangkan tertua berusia 85 tahun atas nama Nabiah. Shinta Yulianti merupakan salah satu Jemaah calon Haji yang terima pelimpahan nomor porsi karena orang tua meninggal.

“Rata-rata Jemaah calon Haji Lahat 2024, berasal dari pendaftaran tahun 2012 akhir,” kata Ujang.

Ujang menambahkan Jemaah calon Haji Kabupaten Lahat masuk kedalam kloter 14, yang akan diberangkatkan dari Gedung Kesenian Lahat pada 28 Mei 2024, mulai pukul 20.00 WIB. Lalu, Jemaah calon Haji Lahat akan masuk ke asrama Haji pada 29 Mei 2024 pukul 08.00 WIB, dan keberangkatan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin menuju tanah suci pada tanggal 30 Mei 2024 pukul 08.00.

“Ketua kloter Haji Lahat yakni Khairul Saleh selaku Kasi Binmas di Kantor Kemenag Lahat dan Pembimbing ibadah Haji Yeri Taswin selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Palembang,” sampainya. (via)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode