Griya Literasi
Pemkot

Ribuan Masker dan Vitamin Dibagikan Kejaksaan Tinggi Sumsel untuk Antisipasi Dampak Kabut Asap Karhutla

Kamis, 5 Okt 2023 13:55 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Guna mengantisipasi ISPA akibat kabut asap akibat Karhutla, Kejaksaan Tinggi Sumsel, membagikan Ribuan pekat Masker dan Vitamin kepada warga dan pengendara roda dua maupun roda empat di Kota Palembang.

Pembagian Masker dan Vitamin C tersebut, dibagikan langsung oleh Kajati Sumsel Sarjono Turin SH MH, Kamis (5/10/2023).

Kajati Sumsel, Sarjono Turin SH MH, mengatakan pembagian paket Masker dan Vitamin C ini untuk antisipasi dampak kabut asap

“Ini sebagai aksi sosial warga Adhiyaksa dalam rangka antisipasi dampak kabut asap bagi masyarakat terutama di wilayah hukum Kejati Sumsel,” tegas Sarjono

Menurutnya, kegiatan sosial pembagian Ribuan paket terhadap masyarakat terdampak kabut asap ini juga merupakan instruksi pimpinan Jaksa Agung RI.

Yang mana, lanjut Sarjono sesuai arahan pimpinan pihak Kejaksaan untuk turut andil dan berpartisipasi mengurangi dampak sosial terutama kesehatan masyarakat akibat dari kabut asap yan terjadi saat ini.

“Adapun sasaran penerima Ribuan paket yang terdiri dari Masker dan Vitamin C ini, menyasar para pengendara sepeda motor, pejalan kaki hingga pengemudi bentor yang terpapar langsung kabut asap Karhutla,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan sosial seperti ini dapat berkesinambungan serta menjadi contoh bagi lembaga atau instansi lainnya dalam menanggulangi dampak kabut asap di Sumsel.

Ia mengimbau kepada masyarakat ataupun korporasi untuk tidak melakukan pembakaran lahan, karena selain berdampak merusak lingkungan serta membahayakan kesehatan masyarakat.

Ia menjelaskan, saat ini khususnya di wilayah hukum Kejati Sumsel telah menerima belasan laporan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP).

“Tepatnya ada kurang lebih 15 SPDP yang diterima oleh pihak kejaksaan mengenai kasus Karhutla, pada tiap Kabupaten atau Kota di Provinsi Sumsel,” ungkapnya.

Salain pada bidang penegakan hukum, Sarjono mengklaim upaya lainnya juga terus berkoordinasi bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait lainnya dalam hal penanganan Karhutla.

“Dari informasi terakhir yang kami dapatkan, hari ini saja sudah lebih dari 70 titik asap yang terjadi di Sumsel,” sebutnya.

Dirinya pun berkali-kali mengimbau kepada masyarakat, jika ingin beraktifitas diluar rumah untuk selalu menggunakan Masker karena dampak kabut asap yang terjadi sudah berada pada level mengkhawatirkan dan mengganggu kesehatan. (DN)

Laporan: Madon
Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode