Griya Literasi
Pemkot

Sentral Oleh-oleh dan Wisata Kuliner Lahat Dibuka, Semua Khas Lahat Ada Disini 

Minggu, 12 Mei 2024 16:01 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Warga Lahat dan wisatawan kini tak perlu bingung lagi mencari Oleh-oleh khas Lahat, sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta maupun kerabat di tanah rantau ataupun kampung halaman. Pasalnya, kini Lahat memiliki sentral Oleh-oleh dan pusat Kuliner khas Bumi Seganti Setungguan. Sentral Oleh-oleh dan Wisata Kuliner ini dapat ditemukan di Pelantaran Tepian Ayek Lematang Kota Lahat.

Tidak perlu keliling Kabupaten Lahat, aneka buah tangan dapat dengan mudahnya ditemukan disini. Berbagai jenis makanan-minuman, masakan, kue dan cemilan, hingga fashion yang menonjolkan warisan budaya Lahat dapat dengan mudahnya diborong para wisatawan di Sentral Oleh-oleh dan Wisata Kuliner Lahat.

“Wisatawan dari Luar daerah Lahat sekarang bisa langsung mencicipi dan membeli makanan untuk dibawa ke tanah rantau atau kampung halaman. Berbagai pilihan ada, mulai dari gulai ayam nanas, tempoyak, lemang, juada basah, bolu kojo, kopi, baju, keripik pisang, hijab dengan motif tumbuhan bunga Puspa dan akan ada design terbaru seperti Bukit Serelo Ayek Lematang, Rumah Baghi, hingga songket,” terang PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, saat mengunjungi stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekaligus peresmian Sentral Oleh-oleh dan Wisata Kuliner Lahat, Minggu (12/5/2024).

Sentral Oleh-oleh dan Wisata Kuliner Lahat juga akan diresmikan secara langsung oleh PJ Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni saat perayaan Hari Ulang Tahun Lahat ke 155 tahun pada 20 Mei 2024.

Namun, sebelum diresmikan oleh PJ Gubernur Sumsel, Farid menyampaikan masih ada sedikit catatan untuk Sentral Oleh-oleh dan Wisata Kuliner Lahat agar tatanan terlihat rapi, bersih dan membuat pengunjung nyaman. Farid menyarankan agar meja makan pengunjung dapat diletakkan di lantai atas, supaya tidak menghambat lalu lalang para pembeli.

“Makannya bisa di lantai atas saja biar tatanannya baik,” saran Farid.

Selain itu, untuk menarik para pembeli khususnya wisatawan, para pelaku UMKM diminta buka outlet mulai pukul 07.30 WIB. Ini sebagai langkah agar tamu dari luar Kota Lahat bisa mencoba sarapan di Sentral Oleh-oleh dan Wisata Kuliner Lahat langsung. “Kalau buka sudah menjelang siang, nanti keburu mereka (wisatawan) balik ke Palembang,” ujarnya.

Ditambahkan Farid, Lahat luar biasa kaya dengan aneka makanan khasnya. Sehingga dalam waktu dekat perlu kerja keras semua pihak, untuk merapikan semua yang ada di internal, dari tempat, packaging kemasan yang menarik dan menonjolkan tulisan Lahat, sampai banner dengan kreasi khas Lahat. “Jadi mereka yang benar ingin tahu apa saja yang ada di Lahat dan buat Oleh-oleh, bisa langsung beli disini karena sudah lengkap,” sampainya. (via)

Laporan: Via
Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode