HeadlinePemerintah Daerah

Tanda Keberagaman Usai Pelantikan Kades Warga Desa Tegal Rejo Lakukan Doa Dengan Tiga Agama

Sumsel Independen – Ada yang unik dan berbeda pasca pelantikan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumsel.

Pasalnya, usai prosesi pelantikan kades terpilih. Warga tiga agama di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Belitang menggelar doa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Adapun tiga agama yang menggelar doa bersama yaitu,Agama Islam, Agama Kristen dan Katolik, Kristen Protestan

Pantauan di kediaman Kades yang baru d ilantik Muhammad Taufiq SE Rabu (09/06/2021). Pelaksanaan doa bersama ini berjalan dengan khidmat meskipun dengan waktu berbeda dan berselang satu jam.

Pada pukul 14.00 WIB, yang menggelar doa bersama duluan yaitu warga penganut Agama Protestan, dan di pandu oleh pemuka agamanya beserta puluhan warga.

Kemudian, pada pukul 15.00 WIB, doa bersama di lanjutkan warga penganut agama kristen Katolik beserta pemuka agamanya.

Selanjutnya, pada pukul 16.00 WIB hingga selesai, prosesi doa bersama dilakukan warga muslim atau agama islam dengan membaca yasin.

Hal ini menunjukan, kerukunan umat beragama, kebersamaan dan rasa kekeluargaan masyarakat Desa Tegal Rejo ini masih sangat kental.

Baca Juga :   Disnakertrans Awasi Proses Rekrutmen TKL oleh Perusahaan Industri Pengolahan di Muba

Bahkan bisa di katakan, hal ini baru pertama kali terjadi d i Kabupaten OKU Timur.

“Kegiatan doa bersama ini sebagai bentuk syukur atas terpilihnya Kades baru. Warga berharap kedepan kades ini dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik, sesuai dengan visi dan misinya,” jelas Andi salah satu warga.

Pihaknya berharap, dibawah kepemimpinan M Taufiq, Desa Tegal Rejo ini dapat menjadi desa yang maju dalam segala bidang. Mulai dari baik pembangunan desa, pertanian, keamanan dan bidang ekonomi.

Serta dapat merangkul kepemudaan agar menjadikan masyarakatnya tetap saling menjaga silaturahmi, mempererat rasa kekeluargaan dan meningkatkan jiwa kegotong royongan.

“Tak ada sekat antar umat beragama pada desa ini. Meskipun berbeda suku, agama dan ras kita tetap sama, yaitu warga Desa Tegal Rejo. Dan kita siap mendukung kemajuan desa pada segala bidang,” katanya.

Sementara, Kades Desa Tegal Rejo Kecamatan Belitang M Taufiq mengatakan, setelah pelantikan biasanya para kades membuat suatu acara untuk menyambut kemenangan bersama warganya.

Baca Juga :   Seorang Bocah Perempuan Antar Kopi Hangat Buat Satgas TMMD

Namun hal ini tidak berlaku baginya. Sebab ia merasa, setelah pelantikan ia baru mengemban tugas dan belum melakukan sesuatu apapun bagi kemajuan desanya.

Sehingga, ia mengajak warganya tidak melakukan sesuatu yang uforia, melainkan melakukan doa bersama untuk kemajuan desanya.

“Awalnya tidak menyangka bahwa warga akan menggelar doa bersama sesuai dengan agama warga masing-masing. Namun karena kesepakatan, warga membagi waktunya sendiri-sendiri. Alhamdulillah berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar M Taufiq.

Pada kesempatan yang sama, M Taufiq mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh warga Desa Tegal Rejo, Kecamatan Belitang atas amanah warga dalam memimpin desa Tegal Rejo 6 tahun kedepan.

“Semoga dengan dukungan dan kekompakan ini apa yang menjadi harapan seluruh warga sesuai visi misi, bisa terwujud dengan baik. Sehingga Desa Tegal Rejo kedepannya menjadi desa yang maju, inovatif dan berkembang,” bebernya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD OKU Timur Fraksi Partai Nasdem Rio Susanto SE MM sangat mengapresiasi kekompakan dan kebersamaan warga Desa Tegal Rejo.

Baca Juga :   Herman Deru Ajak Generasi Muda Warisi Semangat Juang Para Pahlawan

Sebab, meskipun terdapat berbagai etnis dan agama, namun semua warga tetap solid dan saling menghormati. Bahkan warga bersatu padu mendoakan pemimpin baru mereka dengan penuh kekompakan.

“Ini patut diapresiasi. Sebab sangat jarang kita jumpai hal seperti ini. Dan ini sebagai bukti bahwa warga Desa Tegal Rejo sangat menjunjung tinggi toleransi antar sesama suku, agama dan etnis. Saya selaku warga sini juga ikut bangga melihatnya,” kata Rio.

Rio berharap, kekompakan dan kebersamaan warga desa ini harus tetap terjaga dengan baik, dengan adanya pemimpin baru ini. Sehingga tidak kehidupan masyarakatnya tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu budaya asing yang dapat memecah belah persatuan.

“Kami selaku warga Desa Tegal Rejo mengucapkan selamat atas dilantiknya M Taufiq sebagai Kades Tegal Rejo. Semoga kedepan kemajuan desa ini memberikan banyak manfaat bagi warganya dan bagi Kabupaten OKU Timur,” pungkas Rio. (Jodi)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button