Griya Literasi
Pemkot

Tarik Minat Wisatawan, PJ Gubernur Sumsel Pinta Pelaku UMKM Gencar Promosi

Selasa, 21 Mei 2024 14:59 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Lahat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang memiliki kekayaan warisan budaya dan kuliner. Keberadaan warisan budaya benda tak benda tersebar di berbagai kecamatan di Lahat, begitupun kulinernya.

Bila sebelumnya para wisatawan bingung mencari lokasi untuk membeli oleh-oleh khas Lahat, saat ini Pemkab Lahat telah memfasilitasi sentral oleh-oleh tersebut bagi para pelaku UMKM. Pusat oleh-oleh dan wisata kuliner itu berada di Tepian Ayek Lematang dan telah diresmikan PJ Gubernur Sumsel Dr Drs A Fatoni MSI dan PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, usai hadiri sidang Paripurna HUT Lahat, Senin (20/5/2024).

Fatoni mengatakan, sentral oleh-oleh sebagai upaya mendatangkan wisatawan dari luar Kabupaten Lahat khususnya. Dengan peresmian sentral oleh-oleh, kunjungan wisatawan atau masyarakat harus diutamakan agar sentra oleh oleh bisa dikenal dan bertaham disamping terus melakukan promosi. “Yang utama adalah daya tarik masyarakat ke Taman Tepian Ayik Lematang harus ada. Supaya warga atau wisatawan tertarik untuk datang. Promosi juga harus gencar,” sampainya.

Dijelaskannya, dengan diresmikannya sentra ini, diharapkan kekayaan budaya dan kuliner khas Daerah Lahat dapat dikenal oleh khalayak luas sehingga pengunjung dari luar daerah makin penasaran dengan keberagaman dan kultur daerah disamping sektor wisata alam yang alamiah. “Lahat dianugerahi banyak keindahan alam yang berpotensi menjadi tujuan wisata, karenanya ini menjadi tugas kita bersama agar dapat dikelola dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Lahat, M Farid, SSTP MSI menuturkan, selama perayaan HUT Lahat Pemkab telah menggelar berbagai event sosial, seni, olahraga, dan budaya di Tepian Ayek Lematang untuk menarik para pengunjung. Sehingga UMKM Kabupaten Lahat terus tumbuh dan berdampak pada Perekonomian masyarakat.

“Pelaku UMKM dari berbagai bidang turut berpartisipasi dengan memamerkan produk-produk unggulan mereka. Dengan semangat ini, diharapkan pariwisata dan Perekonomian di Kabupaten Lahat dapat semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat serta para pengunjung yang datang,”terangnya. (via)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode