Griya Literasi
Pemkot

Teknologi Itu Istimewa Jika Tak Salah Guna

Minggu, 19 Mei 2024 19:52 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Teknologi, apa sih Teknologi itu? Sampai-sampai dikatakan begitu istimewah. Ya, tentu sangat tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia khususnya dikalangan milenial saat ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang dan telah memanfaatkan Teknologi digital seperti internet melalui warnet dan handphone dengan berbagai fitur seperti blog, email, dan lain sebagainya. Bahkan semua aktivitas manusia dapat dipermudah dengan Teknologi digital, dan siapapun dapat mengakses berbagai macam informasi, termasuk informasi tentang pendidikan. Tuh, istimewah bukan ?

Di era yang modern ini, hampir setiap aspek kehidupan melibatkan penggunaan Teknologi. Teknologi sendiri dapat menjadi wadah pemberdayaan kedinamisan kreativitas yang dinilai lebih efisien daripada media lainnya, terkhusus dalam dunia pendidikan juga telah didemonstrasikan untuk dijadikan fasilitas sekolah yang sifatnya wajib ada.

Di sekolah, dapat dikatakan Teknologi itu sangat berperan penting. Terlebih lagi melihat pesatnya arus perkembangan dan kemajuan zaman. Teknologi dengan berbagai perangkat lunaknya dapat mengukur dan mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan siswa dalam suatu subjek.

Dalam Pendidikan Agama Islam ada banyak sekali petunjuk, penjelasan, saran dan sindiran di dalam Al-Qur’an yang mengaitkan ajaran Islam dengan sains dan Teknologi. Ini pada dasarnya sangat terkonsentrasi atau sangat kental. Muslim memegang keyakinan bahwa Islam adalah agama Allah yang sempurna. Kitab Allah yang dikenal dengan Al-Qur’an memuat petunjuk dan pedoman yang komprehensif untuk mempelajari seluruh kehidupan manusia guna mencapai kebahagiaan sejati dan abadi. Selain itu terdapat ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang dapat dijadikan pedoman, meskipun hanya sebagai garis besar, bagi kemajuan ilmu pengetahuan Teknologi dan keimanan untuk kepentingan umat manusia.

Alhasil, keistimewahan Teknologi ini menjadi sangat penting, khususnya bagi dunia pendidikan, karena dapat mempermudah KBM (kegiatan belajar mengajar) baik bagi guru maupun siswa. Itulah sebabnya, Al-Qur’an sendiri memerintahkan manusia untuk berfikir dan melakukan penelitian atau semacamnya agar kita dapat mengembangkan berbagai Teknologi melalui ilmu Pengetahuan.

Sekelompok mahasiswa semester 6 STAI Baturaja, dalam hal ini sepakat bahwa setidaknya ada 5 manfaat besar Teknologi Dalam Dunia Pendidikan yaitu;

1. Memberikan peluang baru untuk meningkatkan efesiensi pembelajaran.

2. Mempermudah akses informasi terupdate ke berbagai sumber yang diinginkan.

3. Membantu mengembangkan keterampilan secara praktis.

4. Mendorong keberagaman gaya motivasi belajar siswa yang fleksibel.

5. Menjadi sarana pemberdayaan kreativitas di sekolah.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keterlibatan Teknologi dalam pendidikan mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Waahh.. nampak istimewah sekali kan ???

Namun, penting untuk diingat bahwa Teknologi bukanlah pengganti guru. Guru tetap memainkan peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Disini, Teknologi hanya sebagai sarana atau alat penunjang yang dapat membantu meningkatkan pengalaman belajar siswa dan membantu guru dalam mengajar. Oleh sebab itu, penting bagi guru dan siswa untuk menggunakan Teknologi dengan bijak dan seimbang.

Penulis : Mahasiswa Pendidikan Agama Islam A.6 Reguler STAI BATURAJASTAI BATURAJA


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode