Griya Literasi
Pemkot

Tomat: Buah Kaya Nutrisi yang Menjadi Pemicu Asam Urat

Kamis, 16 Mei 2024 16:18 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independentomat dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tomat juga dapat menjadi salah satu pemicu naiknya kadar Asam Urat dalam tubuh.

Bagi orang dengan kondisi Kesehatan yang baik, tomat memberikan segudang manfaat, termasuk kandungan kalori yang rendah yang baik bagi mereka yang menjalani diet. Namun, bagi pengidap Asam Urat, tomat dapat memicu gejala yang tidak diinginkan.

tomat Menjadi Buah Pemicu Asam Urat, Ini Faktanya

Asam Urat atau gout merupakan salah satu penyakit sendi yang bisa sangat menyakitkan. Penyakit ini terjadi ketika kadar purin dalam tubuh tinggi, menyebabkan kristal terbentuk di sekitar persendian, yang kemudian menyebabkan peradangan dan nyeri. Mengatasi Asam Urat secara alami dapat dilakukan dengan menjalani diet sehat dan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin.

Salah satu makanan yang sering disebut perlu dihindari oleh pengidap Asam Urat adalah tomat. Meskipun tomat adalah makanan sehat bagi orang dengan kondisi Kesehatan normal, bagi pengidap Asam Urat, tomat bisa menjadi pemicu gejala. Berikut ini adalah pro dan kontra mengenai tomat sebagai pemicu Asam Urat:

Pro: Manfaat tomat bagi Pengidap Asam Urat

tomat sebenarnya merupakan makanan bergizi yang bisa memberikan manfaat bagi pengidap Asam Urat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat sebelum makan dapat menurunkan berat badan, persentase lemak tubuh, kadar kolesterol, kadar gula darah, bahkan kadar Asam Urat dalam darah. tomat kaya akan vitamin C dan likopen, yang keduanya dapat membantu mengurangi peradangan.

Jus tomat, yang sering kali diperkaya dengan vitamin C tambahan, mengandung lebih banyak likopen dibandingkan tomat mentah. Minum jus tomat telah terbukti meningkatkan kadar antioksidan sekaligus menurunkan kolesterol. Karena Asam Urat adalah peradangan pada sendi, menurunkan intensitas peradangan ini dapat mengurangi gejala yang muncul.

Kontra: Risiko tomat bagi Pengidap Asam Urat

Namun, tomat juga mengandung dua pemicu potensial gout, yaitu glutamat dan asam fenolat. Meskipun keduanya hanya terdapat dalam jumlah kecil, beberapa pengidap Asam Urat melaporkan bahwa tomat memicu gejala mereka setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, penting bagi pengidap Asam Urat untuk memperhatikan produk yang mengandung tomat dalam kadar terkonsentrasi, seperti saus tomat, saus BBQ, pasta, dan jus sayuran.

Apakah tomat masih boleh dikonsumsi oleh pengidap Asam Urat? Jawabannya akan sangat tergantung pada kondisi individu dan rekomendasi dari dokter yang menangani. Untuk mengetahui jawabannya secara pasti, disarankan untuk memeriksakan kondisi Asam Urat di rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter. Pengidap Asam Urat harus selalu berkomunikasi dengan dokter tentang apa yang ingin mereka konsumsi, agar dapat mengetahui apa yang diperbolehkan dan apa yang harus dihindari.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode