Griya Literasi
Pemkot

TNI Angkatan Laut Palembang Berhasil Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster

Senin, 6 Mei 2024 15:29 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang berhasil menggagalkan Penyelundupan Benih – Benih Lobster (BBL), sebanyak 99.648 Ekor Benih Lobster di perairan Banyuasin.

Selain mengamankan puluhan ribu benih Lobster, pihak Lanal Palembang juga mengamankan 4 orang pelaku yang akan menyelundupkan BBL tersebut dari Banyuasin menuju ke Negara Singapura.

“Konferensi pers hari ini dalam penjelasan penangkapan penyelundupan BBL yang pengungkapannya hasil kerja keras Lanal Palembang dan Koarmada 1 sesuai arahan dari KSAL melalui Panglima Koarmada 1 menekankan kepada seluruh prajurit jalasena AL dalam penegakan hukum di laut senantiasa dilakukan dengan tegas dan tanpa kompromi,” ujar Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada I, Kolonel Laut (P) Anung Sutanto, Senin (6/5).

Lanjutnya, TNI AL juga bekerjasama, bersinergi dan mendukung program – program yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Ke depan TNI AL akan terus melaksanakan penegakan kedaulatan dan hukum di laut ini untuk menjaga wibawa di laut. Jadi, segala macam kegiatan ilegal di laut akan ditindak tegas dan tanpa kompromi, salahsatunya penyelundupan BBL,” katanya.

Sementara itu, menurut Komandan Lanal Palembang, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, bahwa kronologis penangkapan. Pada hari Kamis (2/5) sekira pukul 14.00 WIB personil Intelijen Lanal Palembang mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan ada pengiriman BBL.

“Sorenya, team F1QR Lanal Palembang terdiri dari Unit Intelijen dari tim darat dan Tim Sungai dari Sungai Lilin melaksanakan penindakan. Telah malam harinya sekira pukul 19.00 WIB tim melihat mobil pickup menuju ke dermaga desa sumber dan melihat ada 4 orang melakukan bongkar muat box steorofom ke speed boat 200 pk lalu tim langsung melakukan penangkapan dan pengamanan barang bukti,” jelasnya.

Lanjutnya, empat terduga pelaku yakni BA (36), BP (29), RJ (27), EW (30) diamankan bersama 18 box steorofom berisi BBL. “Benih Lobster ini terdiri dari jenis Pasir dan Mutiara yang di taksir seharga kurang lebih 15 milyar, Selian itu, BB diamankan berupa 1 unit mobil pickup warna hitam dan 1 speed boat 200 pk,” tambahnya.

Masih katanya, saat ini ke 4 pelaku dan BB diamankan ke Mako Lanal Palembang untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. “Saat ini kita masih mendalami ke 4 pelaku, dari siapa pemilik barang tersebut, dan di upah berapa masih dalam proses penyelidikan. Ke 4 ini kurir akunya, sementara hari ini juga BBL akan di lepas liarkan di perairan Lampung, pantai Klara,” tutupnya.

Sedangkan dalam sambutannya, Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr. Pung Nugroho Saksono A.Pi, M.M, mengatakan mengucapkan terima kasih kepada Lanal Palembang yang sudah memberikan kontribusi kepada negara berupa penangkapan pelaku penyeludupan BBL.

“Memang ini menjadi konsentrasi nya pak Menteri dalam hal ini, kita punya kebijakan terkait dengan BBL ini. Menteri mengatakan ke depan BBL akan diatur kembali terkait dengan Budi Dayanya, sayang BBL ini lari ke luar negeri terus sementara nilainya luar biasa,” katanya.

Menurut Pung mencontohkan negara Vietnam yang kita kirim ke sana BBL penghasilan mereka bisa triliunan. “Potensi sumber daya alam kita ini jika kita tidak jaga dan rawat kita hanya menjadi penonton sementara devisa yang dari BBL ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Lanjutnya, KKP dalam hal ini tidak bisa berdiri sendiri untuk melakukan patroli maupun penggagalan penyelundupan. “Jelasnya kita bersinergi dengan AL, Bae Cukai, KPLP, Bakamla dan instansi terkait lainnya. Itulah gunanya bersinergi, dan ini terbukti TNI AL Lanal Palembang memberikan sumbangsihnya ke negara,” ucapnya.

Ini merupakan prestasi membanggakan dan ke depan berharap akan ada keberlanjutan. “Saya sampai hadir disini atas perintah pak menteri langsung, jadi perkara ini tidak lah remeh temeh,” tutupnya. (DN)

Laporan: Madon
Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode