Griya Literasi
Pemkot

Bandara SMB II Palembang: Melihat Kembali Sejarahnya

Senin, 29 Apr 2024 17:49 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Palembang/">Bandara SMB II Palembang, juga dikenal sebagai Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, telah menjadi salah satu titik penting dalam sejarah penerbangan Indonesia. Dengan perkembangan yang pesat, mari kita lihat kembali perjalanan bandara ini sejak awal berdirinya.

Pendirian dan Perkembangan Awal

Bandara ini mulai beroperasi pada tahun 1940 dan dikenal sebagai Bandara Talang Betutu. Dengan landasan pacu sepanjang 1.800 meter, bandara ini awalnya melayani penerbangan komersial dan militer. Namun, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan penerbangan, bandara ini mengalami serangkaian pembaruan dan perluasan.

Penggantian Nama dan Pengembangan Lebih Lanjut

Pada tahun 1967, bandara ini diubah namanya menjadi Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, untuk menghormati Sultan Mahmud Badaruddin II, seorang pahlawan nasional yang berperan penting dalam sejarah Sumatera Selatan. Kemudian, pada tahun 1975, panjang landasan pacu diperpanjang menjadi 2.400 meter untuk mengakomodasi pesawat-pesawat yang lebih besar.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pelayanan, bandara ini terus mengalami modernisasi dan pengembangan infrastruktur. Pada tahun 2005, terminal baru dibangun dengan fasilitas yang lebih modern dan luas untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Kemudian, pada tahun 2018, landasan pacu diperpanjang menjadi 3.000 meter, memungkinkan pendaratan pesawat-pesawat besar secara lebih efisien.

Peran Ekonomi dan Pariwisata

Palembang/">Bandara SMB II Palembang tidak hanya menjadi gerbang udara utama bagi masyarakat Palembang dan sekitarnya, tetapi juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Sumatera Selatan. Dengan koneksi penerbangan yang semakin baik, bandara ini telah menjadi magnet bagi investasi dan pariwisata, mengangkat nama Palembang sebagai destinasi bisnis dan wisata yang menarik.

Dengan terus berlanjutnya pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kebutuhan akan Transportasi Udara, Palembang/">Bandara SMB II Palembang berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanannya. Melalui pengembangan infrastruktur yang terencana dan pengelolaan yang efisien, bandara ini berupaya menjadi salah satu bandara terbaik di Indonesia.

Sebagai salah satu bandara terkemuka di Indonesia, Palembang/">Bandara SMB II Palembang memiliki visi untuk terus menjadi pusat transportasi yang modern, efisien, dan ramah lingkungan. Dengan mengutamakan pelayanan yang berkualitas dan keselamatan penumpang, bandara ini akan terus menjadi aset berharga bagi pengembangan Palembang dan Sumatera Selatan secara keseluruhan.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode