Griya Literasi
Pemkot

Ini Manfaat Berolahraga Selain Buat Jantung Sehat

Selasa, 29 Agu 2023 15:57 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Kamu sering bermalas-malasan untuk bergerak, bahkan jarang sekali melakukan olahraga. Jika kamu sering menyepelekan Kesehatan tubuh, maka itu akan berakibat pada ketahanan dan Kesehatan tubuh kamu.

Melansir dari Halodoc.com, Olahraga adalah aktifitas fisik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Saat berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak dan otot-otot ditubuh akan menguat hingga membantu memperlancar pemompaan darah keseluruh tubuh serta otot jantung menjadi lebih efisien.
Ketika kamu sering atau rutin melakukan olahraga, tubuh akan merespon termasuk jaringan tubuh pada jantung akan bekerja lebih dan menarik oksigen dari darah.

Mencegah stres berlebihan
Sering mengalami stres dapat menyebabkan berbagai masalah Kesehatan , dengan berolahraga kamu dapat mengurangi tekanan hormon pada tubuh yang menyebabkan stres sehingga dapat mencegah beban pada jantung. Dengan melakukan olahraga ringan seperti yoga sudah cukup membantu kamu mencegah stress dan nilai plusnya kamu akan merasa lebih rileks.

– Menormalkan tekanan darah
berolahraga dapat menetralisirkan detak jantung dan menurukan tekanan darah apabila tekanan sedang meningkat tinggi. Maka dari itu olahraga berguna penting untuk menormalkan tekanan darah kamu.
Menjaga berat badan stabil
walaupun sudah menerapkan pola makan sehat itu tidak akan mencukupi jika tidak didampingi dengan berolahraga. Bila kamu mengalami berat badan yang berlibahan akan memberi tekanan pada jantung dan mengakibatkan berisiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karenanya, kamu perlu mengoptimalkan aktifitas fisik dan asupan makanan.

– Meningkatkan kemampuan otot
Latihan-latihan fisik yang ringan seperti, berenang, berlari, berjalan, angkat berat dipercaya bisa membantu menjaga Kesehatan jantung. Karena latihan ini akan memperingan pekerjaan jantung dengan memompa lebih banyak darah ke otot. Kemudian dari latihan ini dapat meningkatkan kemampuan otot dalam pengambilan oksigen dari darah yang sedang bersikulasi.

– Pemprosesan Glikogen lebih baik
Glikogen akan diproses dengan baik apabila, melakukan latihan aerobik teratur seperti jalan cepat, berenang dan bersepeda hingga terhindar dari penyakit diabetes. Karena terhindar dari hal yang bisa memicu gula darah meningkat.

– Mencegah peradangan yang kronis
berolahraga dianggap dapat mengurangi peradangan yang kronis, dan juga bisa menjadi faktor untuk terhindar dari dampak buruk akibat banyaknya penyakit jantung. Oleh karena itu sebaiknya kamu rutin melatih fisik dengan berolahraga.

Dapat dikatakan jantung adalah organ yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, oleh karenanya diperlukan olahraga rutin agar organ yang terdiri dari otot berfungsi sebagaimana mestinya. Jika ini tidak diterapkan maka tubuh akan merasakan kekuatan tubuh yang rendah, stamina berkurang dan kemampuan tubuh bekerja tidak berfungsi dengan baik. (Umi)

Laporan: Umi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode