Griya Literasi

Menu Sehat Alternatif untuk Merayakan Lebaran

Kamis, 4 Apr 2024 17:14 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Hari raya Lebaran adalah momen yang dinanti-nantikan umat Muslim di seluruh dunia. Di tengah berbagai hidangan tradisional seperti ketupat dan opor, muncul kebutuhan untuk menghadirkan pilihan Menu Sehat yang juga lezat untuk merayakan hari besar ini.

Konsumsi Santan yang tinggi dalam hidangan tradisional dapat berdampak negatif bagi kesehatan, seperti peningkatan risiko kolesterol dan berat badan. Oleh karena itu, menghadirkan alternatif Menu Sehat dapat menjadi solusi yang baik.

Melansir dari Halodoc.com, Berikut adalah beberapa Menu Sehat yang bisa dicoba saat merayakan Lebaran:

  1. Sup Ayam: Hidangan yang sehat dan lezat, tambahkan berbagai sayuran seperti wortel, daun bawang, dan kentang untuk nutrisi yang seimbang. Sajikan dengan nasi merah atau roti gandum untuk karbohidrat yang sehat.
  2. Ikan Bakar: Pilih ikan segar seperti nila, tongkol, atau kakap. Panggang dengan sedikit minyak zaitun dan tambahkan bumbu rempah sesuai selera.
  3. Buah-buahan Segar: Potongan buah-buahan seperti semangka, melon, dan anggur adalah camilan yang sehat dan menyegarkan. Sajikan dengan sedikit yoghurt atau madu sebagai topping.
  4. Salad Buah: Irisan buah-buahan segar seperti apel, jeruk, mangga, dan pisang bisa dicampur dalam satu wadah. Tambahkan sedikit sirup madu atau yogurt sebagai dressing.
  5. Sate Tahu: Potong tahu menjadi kecil-kecil, tusuk dengan tusuk sate, dan panggang hingga matang. Sajikan dengan bumbu kacang atau saus tomat.
  6. Sayur Lodeh: Masak sayuran seperti kacang panjang, labu, dan daun singkong dengan Santan untuk rasa yang gurih. Tambahkan potongan tahu atau tempe sebagai pengganti daging.

Saat menikmati Lebaran/">Hidangan Lebaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh:

Griya Literasi
  • Hindari makanan yang sangat asin atau berminyak.
  • Mulailah dengan sesuatu yang ringan seperti jus.
  • Konsumsi makanan dalam porsi kecil dan beragam.
  • Makan setiap 3 sampai 4 jam untuk menjaga kadar gula darah stabil.
  • Seimbangkan makanan olahan dengan makanan segar dan utuh.
  • Prioritaskan kurma daripada kue olahan jika ingin makan makanan manis.

Menghadirkan Menu Sehat saat Lebaran tidak hanya menjaga kesehatan keluarga, tetapi juga mengajak untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan.

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel Tips Sajikan Makanan Sehat dan Lezat saat Lebaran di Rumah untuk panduan penyajian yang tepat dan baik.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode