Griya Literasi

Penurunan Nafsu Makan Selama Puasa: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Selasa, 2 Apr 2024 13:00 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Selama bulan Puasa, perubahan pola makan dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada beberapa orang. Meskipun demikian, dengan langkah-langkah sederhana seperti mengonsumsi Vitamin, berolahraga ringan, dan menikmati camilan, nafsu makan dapat pulih kembali.

Perubahan pola makan selama bulan Puasa seringkali menjadi pemicu penurunan nafsu makan yang signifikan. Fenomena ini umum terjadi karena adanya perubahan dalam metabolisme tubuh dan kebiasaan makan. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Langkah-langkah Mengatasi nafsu makan yang Menurun Saat Berpuasa:

1. Menyertakan Camilan dan Makanan Favorit: Salah satu penyebab utama penurunan nafsu makan adalah menu berbuka dan sahur yang monoton. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menambahkan camilan atau makanan favorit ke dalam menu berbuka dan sahur. Pilihlah camilan yang bergizi seperti buah-buahan dan puding dengan kalori tinggi untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

2. Memilih Makanan yang Mudah Dicerna: Konsumsi makanan yang mudah dicerna dapat merangsang nafsu makan, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan. Pilihlah makanan seperti bubur, sayuran rebus, dan yoghurt yang ringan bagi sistem pencernaan.

Griya Literasi

3. Mengonsumsi Vitamin: Vitamin D dan B kompleks dapat membantu memulihkan nafsu makan. Vitamin D membantu melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi, sedangkan Vitamin B kompleks memperbaiki fungsi metabolisme tubuh.

4. Mengelola Stres dengan Baik: Stres berlebih dapat mengganggu nafsu makan dan pencernaan. Selalu usahakan untuk mengelola stres dengan baik, baik melalui meditasi, Olahraga, atau kegiatan yang menyenangkan.

5. Melakukan Olahraga Ringan: Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan gerakan usus dan memperbaiki penyerapan nutrisi. Pilihlah Olahraga ringan seperti jalan santai atau yoga untuk membantu memulihkan nafsu makan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan nafsu makan Anda akan kembali normal selama bulan Puasa. Jaga Kesehatan tubuh Anda dengan baik dan nikmati bulan Puasa dengan penuh semangat.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode