Griya Literasi
Pemkot

Politik Uang Masih Bayangi Pesta Demokrasi 

Sabtu, 27 Apr 2024 21:59 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Praktik politik Uang atau money politics masih membayangi saat saat demokrasi lima tahuan ini. Hal ini dikatakan langsung tokoh masyarakat Sumsel, Komjen (Purn) Susno Duadji, saat saat menjadi narasumber dalam acara diskusi Talk Sriwijaya Community (TSC) dengan Tema “Jelang pilkada, Fenomena politik dan Gagasan Urgen di Sumsel” Sabtu (27/4/2024)

pilkada tak akan jauh dari pilkada lewat. Sogok-menyogok, suap-menyuap masih akan terjadi,” kata Susno.

Mantan Kabareskrim ini juga mengatakan, aksi tersebut bisa saja terjadi dalam praktik pencarian dukungan dari partai politik.

“Saya tidak mau berbicara lebih lanjut. Mungkin bisa saja ada,” ujarnya.

Namun, praktik money politic yang pasti terjadi adalah bagaimana meraih suara rakyat. Bahkan, nilainya akan semakin besar lagi.

“Jual beli suara di tingkatan masyarakat itu pasti terjadi. Apakah nilainya makin rendah atau lebih besar, saya kira lebih besar lagi,” terangnya.

Dia mencontohkan, saat Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu, semakin ke bawah tingkatan pemilihannya, biaya politiknya akan semakin mahal.

“Seperti pemilihan DPRD Kabupaten/kota, nilainya lebih besar ketimbang Provinsi dan DPR RI. Hanya perkaliannya saja yang berbeda,” ucapnya.

Saat ini, kata Susno, bagaimana peran penyelenggara maupun aparat penegak hukum (APH) menegakkan aturan dan menindak pelaku.

“Praktik money politic ini terlihat kasat mata pada Pemilu lalu. Tapi, apakah ada yang sudah ditindak. Penegakkan hukum ini yang dibutuhkan,” tutupnya. (DN)

Laporan: Madon
Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode