Griya Literasi

Soal 4 Menteri Dipanggil MK, Jokowi Sebut Semua Akan Hadir Jumat

Rabu, 3 Apr 2024 11:46 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengonfirmasi bahwa keempat menterinya yang Dipanggil ke sidang sengketa Pilpres 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK) akan hadir pada Jumat mendatang. Pernyataan ini dilontarkan oleh Jokowi dalam keterangan kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada hari Rabu.

“Semuanya akan hadir karena diundang oleh MK, semuanya akan hadir hari Jumat,” tegas Jokowi saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma dikutip dari detik.com Rab (3/4/2024).

Meskipun tidak memberikan rincian mengenai arahan yang diberikan kepada Menteri yang Dipanggil, Jokowi memastikan bahwa mereka akan memberikan keterangan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Ya menerangkan apa yang sudah dilakukan masing-masing Menteri. Buat Menteri keuangan, mengenai anggaran seperti apa. Kalau Bu Mensos mengenai bantuan sosial dijelaskan seperti apa. Nanti akan dijelaskan semuanya lah, ditunggu aja hari Jumat,” ungkapnya.

Griya Literasi

Panggilan terhadap empat Menteri tersebut merupakan bagian dari sidang sengketa Pilpres 2024 yang tengah digelar oleh Mahkamah Konstitusi. Ketua MK, Suhartoyo, menyebutkan bahwa keempat Menteri yang Dipanggil adalah Muhadjir Effendy (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian), Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan), dan Tri Rismaharini (Menteri Sosial).

Suhartoyo menjelaskan bahwa para pihak tersebut akan dimintai keterangan pada hari Jumat, dan meskipun permohonan untuk memanggil para Menteri sebenarnya ditolak, hakim MK memandang keterangan dari para Menteri tersebut sebagai hal yang penting.

“Keterangan yang diminta oleh mahkamah, nanti pihak-pihak tidak kami sediakan waktu untuk mengajukan pertanyaan, jadi yang melakukan pendalaman hanya para hakim,” jelasnya. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode