Griya Literasi
Pemkot

Dinilai Tidak Efektif, Megawati Minta Jokowi Bubarkan KPK

Selasa, 22 Agu 2023 10:49 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, mengungkapkan bahwa ia telah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam pandangan Megawati, keberadaan KPK sudah tidak efektif lagi dalam memberantas korupsi di Indonesia.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, sudah deh, bubarin aja KPK itu Pak. Jadi menurut saya nggak efektif,” ungkap Megawati dalam sebuah acara BPIP di Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023).

Menurutnya, KPK seharusnya memiliki peran lebih aktif dalam memberantas kasus korupsi hingga ke akar-akarnya. Lebih lanjut, hukum harus ditegakkan dengan tegas karena korupsi telah menyebabkan banyak rakyat Indonesia terperosok dalam kemiskinan.

“Hayo kalian pergi lah ke bawah, lihat noh rakyat yang masih miskin, ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga, bohong kalau nggak kelihatan, persoalannya penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum di Indonesia ini yang sudah kita buat, itu persoalannya,” ujar Megawati Dikutip dari beritasatu.com

Megawati juga mengungkapkan bahwa dirinya pernah merasa kurang mendapat kepercayaan dari KPK ketika mencoba mengatasi masalah 300.000 kasus kredit macet di masa jabatannya sebagai Presiden ke-5 Republik Indonesia (23 Juli 2001-20 Oktober 2004). Kala itu, usahanya untuk mengatasi permasalahan tersebut dicurigai oleh KPK sebagai upaya memeras para pengusaha.

“Waktu krisis, kredit macet itu 300 ribuan, saya disuruh nanganin. Waktu itu KPK enggak percaya, katanya mana mungkin 300 ribuan kredit macet itu digugat, malak pengusaha-pengusaha. KPK sini dong buktikan kalau saya malak. Ini dunia modern, saya mau naruh uangnya di mana, emangnya di karung?” ucapnya. (Ali/Ist)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode