Griya Literasi
Pemkot

Festival Seguntang Hulu Melayu Tahun 2024, Forwida Gelar Berbagai Lomba

Minggu, 5 Mei 2024 19:02 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Forum Pariwisata dan Budaya (Forwida) adalah wadah tempat berkumpulnya para pemerhati, dan pelestari budaya untuk melakukan usaha-usaha yang bertujuan meningkatkan pariwisata di Sumatera Selatan Sumsel).

Forum ini terdiri atas: unsur pemerintah, akademisi, pengusaha, wartawan, dan masyarakat umum yang peduli terhadap kebudayaan dan pariwisata.

Menurut Ketua Umum Forwida , Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi, MT., CIAP, pada bulan Mei 2024, Forwida akan melaksanakan Festival Seguntang Hulu Melayu Tahun 2024.

Festival ini dimulai dengan Seminar Nasional pada tanggal 7 s/d 8 Mei 2024 bertempat di Auditorium Universitas Terbuka Palembang,” kata Diah, Minggu (5/5).

Selanjutnya pada tanggal 9 s/d 12 Mei 2024, akan dilaksanakan Lomba-Lomba yang bertujuan meningkatkan perhatian generasi muda dan masyarakat umum terhadap kebudayaan Sumatera Selatan yang sudah hampir punah atau sudah jarang keberadaannya bertempat di situs bukit Seguntang.

Lomba tersebut diantaranya Lomba menghias dan mengidang nasi minyak khas Palembang, Pelatihan melukis kayu seni khas Palembang menggunakan lacquer pada piring dan nampan kayu.

“Pelatihan membuat tanjak dan gandik, Pelatihan huruf aksara ulu ka ga nga, Lomba menciptakan dan menyanyikan lagu-lagu daerah Sumatera Selatan, Lomba pantun gayung bersambut Bahasa Palembang, Lomba mewarnai PAUD dan TK , Lomba melukis remaja dan umum , Lomba tari kreasi bernuansa budaya Daerah Sumatera Selatan,” katanya.

Selain itu, menurutnya ada acara kunjungan ke museum-museum, storytelling tentang makam di Situs Bukit Seguntang, diskusi dan talkshow tentang Peranan Kebudayaan dan Pariwisata dalam menyosong era Indonesia Emas 2045.

“Diharapkan pada saat acara ini, akan merangsang minat dan meningkatkan kecintaan Masyarakat terhadap budaya khas Sumatera Selatan,” katanya.

Diah mengajak semua pihak untuk partisipasi dan berkontribusi dalam mensukseskan acara Festival Seguntang Hulu Melayu Tahun 2024. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode