Griya Literasi

Hibahkan Lahan untuk Jalan Nasional sebagai Jalan Alternatif di Bailangu yang sering Longsor

Kamis, 8 Okt 2020 11:48 2 menit membaca

Sumsel Independen – Suasana berbeda tampak Kamis (8/10/2020) pagi, mengenakan jas hujan bercorak loreng dan mengenakan helm safety tampak Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menyusuri jalan alternatif di Desa Bailangu dengan berjalan kaki.

Meski kondisi cuaca sedang hujan, namun Bupati Muba Dodi Reza tampak semangat menyusuri jalan alternatif yang disiapkan Pemkab Muba tersebut guna memaksimalkan proses perbaikan jalan nasional oleh Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) di Desa Bailangu yang terus tergerus longsor.

“Nah kita lihat perhitungan kita, mungkin dalam satu bulan kedepan jalan ini bisa putus, kalau tidak ada upaya upaya ekstrim. Karena kita lihat, bertahun-tahun selalu diperbaiki tetapi ternyata tidak bisa optimal. Nah kalau jalan tadi itu, dibebaskan hanya pinggir sedikit dari letak yang sempit tadi, tetap mengandung resiko. Oleh karena itulah, maka Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengalihkan jalan Nasional ini dengan membebaskan dan membuka lahan tadi sepanjang 2,015 Kilometer dengan lebar sebesar 15 Meter,”ungkapnya

Diharapkan, dengan adanya pengalihan trace jalan ini nantinya maka lalu lintas yang menghubungkan jalan negara ini dapat dialihkan dan tidak akan terjadi lagi hal-hal seperti di pinggir sungai tersebut.

“Setelah pembukaan jalan ini kami buka, dan urusan legalitas dengan masyarakat clear. Selanjutnya, kami akan bersurat ke pihak Balai Besar dan Kementerian PUPR jalan ini akan kita hibahkan ke Nasional agar segera ditingkatkan menjadi ruas jalan nasional agar jalan alternatif ini segera dilakukan pengerasan,” ucapnya.

Target kita, Tegas Dodi jalan lintas ini secepatnya bisa diselesaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Muba Herman Mayori ST MT mengatakan bahwa pembebasan lahan ini sudah lama dan legalitasnya juga sudah kita selesaikan.

“Pada prinsipnya pak Bupati Dodi Reza menginginkan agar pengendara tetap bisa melintas dengan selamat melewati jalan alternatif yang disiapkan ini,” bebernya.

Lanjutnya, pekerjaan pembukaan dan pembersihan jalan tersebut di perkirakan bisa selesai dalam waktu singkat. “Panjang 2,015 kilometer lebar 15 meter,” sebutnya.

Pantauan di lokasi, tampak mobil dinas Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA sempat terjebak lumpur karena kondisi medan jalan yang licin, oleh sebab itu Pemkab Muba segera meminta Balai Besar Jalan Nasional untuk segera meningkatkan status jalan alternatif tersebut menjadi ruas jalan nasional agar segera dilakukan pengerasan jalan. (Ril/Al)

Cak_In

Cak_In

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode