Himbauan Vaksin Booster

Banner Abdullah Taufik

Gasra Selalu Optimis Terus Berproses Menuju Sukses

Dirgahayu Kabupaten Musi Banyuasin ke 66 Tahun
Financial TechnologyHeadlineNasional

Iriana Jokowi Borong Produk UMKM Sumsel

Sumsel Independen – Gubernur Sumsel H Herman Deru didamping Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD, Kamis (24/11)  menyambut secara langdung kedatangan ibu negara  Hj Iriana Joko Widodo  dan OASE KIM di Bandara SMB II Palembang dakam ranka  Kunjungan Kerja (Kunker)-nya   ke Provinsi Sumatra Selatan.

Kedatangan ibu negara Iriana kali ini didampingi oleh Ibu Wury Ma’ruf Amin dan para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dari Jakarta  bertolak menuju  menggunakan pesawat Boeing TNI AU 737-400, Ibu Iriana beserta rombongan lepas landas sekitar pukul 07.00 WIB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang, Ibu Iriana, Ibu Wury, dan para anggota OASE KIM disambut Gubernur Herman Deru dan Hj Feby Deru,  istri Pangdam II/SWJ Hesty Hilman Hadi, istri Kapolda Sumatra Selatan Evi Rachmad Wibowo, dan istri Danlanud SMH Monika Sigit yang ditandai dengan prosesi pengalungan bunga dan  tarian “Gending Sriwijaya”  sebagai tanda ucapan selamat datang dari warga Sumsel.

Selama di Kota  Palembang Ibu Negara Iriana  didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD  mengujungi  PAUD Asuhan Bunda II yang diisi dengan sosialisasi pilah sampah, gerakan cuci tangan pakai sabun, hingga bermain dan belajar bersama anak-anak dengan PAUD.

Baca Juga :   Motor Dibawa Kabur Teman Sendiri,Tersangka Diamankan Tim Resmob Polres OKUT

Selanjutnya, Ibu Iriana, Ibu Wury, dan para anggota OASE KIM diajak Hj Feby Deru menuju Griya Agung rumah dinas Gubernur Sumsel. Setibanga di Griya Agung ibu negara dan rombongan  melakukan penanaman pohon bersama di halaman Rumah Dinas Gubernur Sumsel. Adapun jenis bibit pohon yang  ditanam Ibu Negara Iriana Jokowi  Pohon Manggis  sedangkan Ibu Wury Ma’ruf Amin menanam  bibit  Jambu Kristal  yang dilanjutkan dengan  penyerahan Bantuan bibit tanaman manggis dan jambu kristal.

Usai melakukan penanaman pohon  Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma’ruf Amin beserta  rombongan  meninjau kegiatan Sosialisasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS).

Pada kesempatan tersebut,  Hj  Iriana Jokowi  mengajak seluruh kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan kader posyandu untuk terus menyosialisasikan SADARI dan SADANIS.

” Sosialisasikan SADARI dan SADANIS kepada keluarga maupun masyarakat dalam rangka pengentasan kanker payudara harus gencar dilkukan,” ucap Iriana.

Sementara itu Istri Menteri Kesehatan RI, Ida Sadikin menegaskan OASE akan terus membantu pemerintah dalam mengentaskan masalah kanker panyusara di Indonesia.

“Kami mendapatkan arahan dari Ibu Negara untuk melakukan edukasi ke seluruh masyarakat agar kita semua bisa melakukan SADARI. Pemerintah tidak bisa mengupayakan sendiri, harus ada perpanjangan tangan dari kami OASE kepada ibu-ibu semua sebagai kader posyandu yang insyaallah akan membantu pemerintah, membantu program OASE supaya kita bisa mengentaskan masalah kanker payudara di Indonesia,” tutur Ibu Ida Sadikin.

Baca Juga :   Pemprov Sumsel Extra Awasi 10 Kabupaten Rawan Karhutla

Usai melakukan sosialisasi SADARI dan SADANIS Hj Iriana Jokowi dan rombongan melihat dari dekat pelatihan kerajinan anyaman bambu, dan tenun kain songket serta   peninjau pameran kerajinan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Antusias Hj Iriana Jokowi Hj Ibu Wury Ma’ruf Amin begitu terlihat ketika menyaksikan dari dekat kepiawaian para  pengrajin anyaman, bambu, dan tenun kain songket  di Pendopo Griya Agung, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan, ditempat ini  para anggota OASE KIM juga menyaksikan peragaan busana karya Wastra Palembang dan sejumlah busana daerah yang juga dipajang disejumlah stand  pameran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah  Provinsi Sumatera Selatan.

Satu persatu stand yang memajang hasil kerajinan IKM, UMKM Sumsel menambah kekaguman ibu negara akan kwalitas dan corak produk lokal Sumsel. Bahkan ibu negara dan rombongan memborong sejumlah produk termasuk songket koleksi Kriya Sriwijaya  Palembang dengan  transaksi dengan pembayaran secara digital qris.

Dibagian akhir rangkaian kunkernya di Palembang ibu negara beserta rombongan menuju The Sultan Convention Center untuk melakukan sosialisasi literasi digital dan anti narkoba.

Dalam kesempatan itu Hj  Iriana menyapa seluruh peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP dan SMA.

Baca Juga :   SMA Negeri 2 Martapura Kerjasama Dengan Biro Psikolog, Bangun Karakter Siswa

“Tadi pastinya sudah tahu semua pengetahuan tentang narkoba, tentang memilah sampah. Ini tadi dari jam berapa? Saya berangkat dari Bogor jam 6 untuk menghadiri dan ketemu dengan adik-adik semua yang ada di sini,” tutur Hj Iriana.

Dengan didampingi  Hj Wury Ma’ruf Amin, Hj Iriana Jokowi  mengulas sedikit terkait materi yang didapatkan dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada seluruh siswa-siswi mengenai pencegahan narkoba. Para peserta pun dengan antusias mengajukan diri untuk menjawab pertanyaan Ibu Iriana.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Bidang 3 OASE KIM,  Loemongga Kartasasmita menyampaikan materi d tema “Generasi Muda Bebas Narkoba, Makin Kreatif, Cakap Digital, dan Bijak Pilah Sampah” dikemas dalam bentuk gelar wicara bersama para narasumber yang sesuai dengan tema yang diangkat.

Menurut,  Loemongga, dalam gelar wicara tersebut tiga topik yang dibahas bersama antara lain mengenai antinarkoba, literasi digital, dan pemilahan sampah.

“Untuk giat di Palembang ini yang diadakan adalah, talkshow mengenai literasi digital kemudian menyinggung sedikit tentang pemilahan sampah kemudian juga sosialisasi narkoba,” ujarnya. Ibu Loemongga.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, Ibu Iriana, Ibu Wury, serta seluruh anggota OASE KIM akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Boeing TNI AU 737-400 melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. (Ril)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button