Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

HukumSosial Kebudayaan

Smart Security Sukses Gelar Uji Kompetensi Gada Pratama

Sumsel Independen – Melalui Uji Kompetensi Tingkatan Gada Pratama Sahabat Mandiri Ksatria yang diadakan di Lorong Simanampang, Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Smart Security dipercaya oleh BNSP melalui LSPP Polri untuk melakukan Uji Kompetensi Sertifikasi Gada Pratama sesuai dengan UU no 13 dan Perpol no 4 tentang Pamswakarsa, hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Sahabat Mandiri Kesatria, Bobi Adhi Gautama Alex ST.MT, Sabtu (10/10).

“Yang diujikan adalah pelatihan dasar garda pratama tentang pengaturan penjagaan dan patroli wilayah,” katanya.

Tertulis, Praktek dan interview dan dari ketiga penilaian itu akan dilihat apakah yang bersangkutan berkompeten atau tidak untuk garda pratama,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah melakukan penandatanganan MoU dengan pihak LSPP Polri, dan ditunjuklah Smart sebagai pioner dalam pelaksanaan uji Kompetensi sertifikasi garda pratama.

Baca Juga :   Segera Lakukan RAC, 5 Nama Ini Jadi Penerima Mandat IKADIN Palembang

Jadi apabila sudah uji kompetensi dan dinyatakan lulus maka kepangkatannya akan bertambah menjadi segitiga tiga buah dipundak kanan kirinya.

Tidak menutup kemungkinan akan kita buka secara luas bagi satpam yang mau ikut uji kompetensi ini, tapi sementara ini secara internal dahulu.Ikut pertama jumlah 60 peserta dibagi menjadi dua hari karena mengkuti protokol kesehatan.

“Saya harap juga kedepannya BUJP lain bisa bergabung untuk pengujian kompetensi,”pungkasnya.

Sementara, Ketua PP Polri Daerah Sumsel Bapak Kombes Pol(P)DRS H.Abusopah Ibrahim.SH Menerangkan,Hari ini Uji Kelayakan Uji Kompetensi tingkatan Gada Pratama kemampuan dia sebagai Satpam dengan peserta 60 dibagi mejadi 2 hari yaitu 30 peserta.

“Ini pertama kalinya yang MoU dengan PP Polri yaitu Smart yang mencetak gol dan kita juga akan mengundang dari PT lain,”terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum BPD ABUJAPI Sumsel,Novembriono SE.menuturkan, setiap usaha atau kegiatan guna menunjang pemuliaan profesi Satpam, itu kami sangat mendukung.

Baca Juga :   Jadikan Solidaritas Sebagai Kunci Menghadapi Covid-19

Apalagi yang dilakukan oleh PT. Smart ini tujuannya adalah selaras dengan keluarnya Perpol no 4 tahun 2020, dimana Satpam harus memiliki kompetensi sehingga satpam yang tidak berkompetensi atau yang berkompeten nanti akan memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerapkan tugas kepolisian terbatas dilingkungan tempat kerjanya.

Lanjutnya, Uji Kompetensi ini fungsinya untuk pembuktian apakah memang garda pratama yang dimiliki satpam ini sesuai dengan standar yang ada di materi garda pratama.

“Ini pembuktiannya, sehingga yang lulus kompetensi ini memang betul-betul terbukti sebagai satpam yang qualified,tuturnya.

Seharusnya, kalau seandainya perusahaan BUJP dan pengguna jasa pengaman ingin menciptakan satpam yang berkualitas artinya sesuai dengan standar garda pratama dia harus mengikuti Uji Kompetensi itu supaya Satpam di Lapangan ini betul-betul memiliki standar.

Makanya selaras dengan Perpol 4 tahun 2020 itu, ketika mereka sudah memiliki uji kompetensi mereka akan mendapatkan reward kenaikan tingkatan dari piramid 1 jadi piramid 3

Baca Juga :   Tim Medis Puskesmas Palembang Terima Bantuan APD

“Tetapi keluarnya kepangkatan itu harus melapor dahulu saat Satpam mau memperpanjang KTA nanti akan diberikan.”KTA yang sudah memiliki tingkatan atau kepangkatan tadi,”pungkasnya. (ptr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button