HeadlinePemerintah Daerah

Tidak Ada kelangkaan Pupuk Semua Sesuai RDKK

Sumsel Independen – Menindaklanjuti permasalahan pupuk langka saat musim tanam, Syahrul menegaskan semua pupuk telah di sediakan melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK). Jika kouta pupuk tidak masuk RDKK tentu saja tidak kebagian suplai pupuk.

di jelaskan Mentri pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. saat acara panen raya padi IP-200 dan tanam IP 300 yang berlangsung di Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur, Sabtu (03/04/2021).

Jelasnya,jika total secara keseluruhan yang membutuhkan pupuk ada sekitar 24 juta ton, sedangkan yang mampu disiapkan hanya 8 sampai 9 juta ton.

Jadi pupuk ini bukan langka namun dibuat secara bertahap. Tetapi pemerintah menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga sangat rendah untuk memfasilitasi petani.

“Sebab pertanian itu skala ekonominya secara langsung bisa diukur, jika dilihat banyak yang berhasil dengan tidak menggunakan pupuk subsidi tetapi menggunakan KUR. Untuk itu kita bantu KUR nya agar terbiasa dengan kemandirian yang kuat,” jelas Mentan.

Baca Juga :   Pemkab Muba Gelar Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Hukum

Kita ingin produktifitas pertanian ini terus ditingkatkan dengan memanfaatkan fasilitas yang saat ini sudah serba canggih. Sehingga kuantitas dan kualitas hasil pertanian menjadi lebih baik dan tentu harganya juga jangan sampai dibawah HPP,”tegasnya

Pada kesempatan yang sama, Mentan juga sangat mengapresiasi langkah Gubernur Sumsel dan Bupati OKU Timur dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian, pungkasnya. (Jodi)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button