Griya Literasi
Pemkot

Tim PKK Kabupaten OKU Selatan Gelar Orientasi Buku KIA

Rabu, 11 Okt 2023 20:52 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Ketua TP- PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Isyana Lonitasari SH., menghadiri Kegiatan Orientasi Pertemuan dan Pemanfaatan Buku KIA Terbaru TP PKK OKU Selatan Tahun 2023, di Ruang Serasan Seandanan Pemkab OKU Selatan, Rabu (11/10/2023).

Di kesempatan tersebut, Ny. Isyana menuturkan bahwa Buku KIA ini merupakan lembaran informasi dan catatan Kesehatan ibu selama hamil, bersalin sampai dengan nifas serta anak (janin, bayi baru lahir, bayi dan anak sampai usia 6 tahun).

Buku ini memuat informasi Kesehatan yang lengkap termasuk imunisasi, pemenuhan kebutuhan gizi, stimulasi pertumbuhan dan perkembangan serta Upaya promotive dan preventif termasuk deteksi dini masalah Kesehatan ibu dan anak hingga pencegahan kekerasan terhadap anak.

Kepada para kader yang mengikuti pelatihan ini, Ny. Isyana berpesan agar buku ini dapat dipahami dan dimengerti hingga disampaikan kepada para orangtua yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal para kader, sehingga apa yang ada dan menjadi tujuan dari diterbitkannya buku ini dapat terealisasi.

“Buku (KIA) ini juga harus selalu dibawa saat periksa ibu hamil, ibu melahirkan, pada saat ibu/anak berkunjung posyandu, puskesmas, rumah sakit, praktik bidan, praktik dokter spesialis,” ungkapnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Ny. Zurmayati Herman dalam laporannya menuturkan, pelatihan ini menghadirkan peserta dari Ketua PKK Kecamatan, Ketua PKK Desa dan Kelurahan. Dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan pelaksanaan program dan kelembagaan Gerakan PKK, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seorang kader tentang manfaat Buku KIA.

“Buku KIA sangat bermanfaat untuk meningkatkan Kesehatan ibu dan anak, karena berisi informasi Kesehatan, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan meliputi imunisasi, gizi seimbang dan vitamin A,” katanya. (DK)

Laporan: Deni Kemala
Editor: Pram

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode