Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

HeadlinePendidikan

Tingkatkan Kegemaran Membaca Melalui Si MoBa

Sumsel Independen – Rendahnya tingkat kegemaran dalam membaca terkadang membuat suatu keprihatinan sendiri dari sebagian pihak. Dari berbagai riset, Indonesia disinyalir juga memiliki tingkat kegemaran membaca yang rendah. Bahkan menurut UNESCO, dari seribu masyarakat Indonesia hanya satu yang rajin membaca.

Dalam hal ini, Dompet Dhuafa Pendidikan melalui Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) sebagai program yang peduli akan kualitas pendidikan Indonesia, inisasikan program Si MoBa (Si Mobil Baca).

Untuk diketahui, Si MoBa merupakan perpustakaan keliling yang dihadirkan atas keterbatasan masyarakat dalam menjangkau serta mendapatkan aksesibilitas terhadap perpustakaan dan manfaat program Gemari Baca yang digaungkan JSI.

“Seperti yang kita ketahui jika hasil riset bukan satu-satunya tolak ukur, wajah pendidikan masih bisa kita ubah melalui ragam cara dengan perspektif berbeda salah satunya dengan Si MoBa. Si MoBa merupakan jawaban untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi masyarakat Indonesia,” kata Punggawa Si MoBa, Muhammad Iqbal, Senin (03/02).

Baca Juga :   Update COVID-19 Muba: Bertambah 16 Kasus Sembuh, 42 Positif, 1 Meninggal Dunia

Ia mengungkapkan, bahwa kedepan Si MoBa akan menjangkau masyarakat di titik yang berdekatan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) dan sekolah pendampingan perpustakaan Gemari Baca Dompet Dhuafa Pendidikan, sehingga manfaat program bisa berdampak berkesinambungan (multiplier effect).

“Program ini diharapkan menjadi alternatif upaya dan solusi peningkatan kualitas literasi di masyarakat, hanya saja tanpa adanya peran aktif masyarakat maka akan sulit mengenalkan kecintaan akan literasi. Karena itulah Si MoBa membuka kesempatan menjadi relawan Teman Si MoBa agar masyakarat bisa berkontribusi dalam pemasifan literasi,” ucapnya.

Diketahui juga, bahwa relawan teman Si MoBa adalah SDM yang direkrut secara khusus untuk melakukan aktivitas program Si MoBa di wilayah yang menjadi target program Si MoBa. Relawan Si MoBa merupakan masyarakat umum, penerima manfaat program Dompet Dhuafa Pendidikan, pegiat literasi, profesional, dan mereka yang tertarik mengadakan aktivitas Si MoBa di Wilayahnya. (ril/Ard)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button