Griya Literasi

Gabungan Personil Apel Operasi Lilin Musi 2023 Pengamanan Nataru

Kamis, 21 Des 2023 20:56 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Gabungan personil mengikuti apel operasi lilin musi 2023 dalam mengamankan perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2024.

Apel operasi lilin musi 2023 ini dipimpin langsung oleh Pejabat (Pj) Gubernur Sumsel Drs Agus Fatoni dampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo di Mapolda Sumsel, Kamis (21/12/2023).

Operasi lilin Musi akan berlangsung selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Kemudian, personil yang dikerahkan dalam Operasi ini ada 3097 personel gabungan, 1500 dari Polri dan sisanya gabungan.

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan, salah satu fokus dalam Operasi Lilin Musi adalah mengantisipasi kemacetan dan terjadinya lakalantas ketika masyarakat melakukan mudik.

“Ada 66 pos yang kita sebar mulai dari pintu masuk Sumsel dari Lampung, Jambi, Bengkulu, maupun jalur Barat dan jalur Timur,” kata Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Dia meminta kepada personil untuk melayani masyarakat semaksimal mungkin demi keamanan dan nyamanannya.

“Saya minta targetnya adalah angka kemacetan berkurang, angka lakalantas berkurang pada saat ibadah malam Natal dan tahun baru. Ini tujuannya bisa dilaksanakan tertib dan aman,” ujar
Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Lanjut Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengaku, dirinya sudah berkoordinasi dengan PT KAI Divre III untuk mengurangi frekuensi kereta api yang melintas pada jam masyarakat sedang melakukan aktivitas perjalanan untuk mengurangi kemacetan.

“Dari arah kota Palembang menuju Pagaralam, Lahat, Muara Enim itu ada 60 persimpangan kereta api. Saya akan bertemu Kadivre KAI untuk meminta lebih meningkatkan frekuensi lalu lintas kereta api itu setelah pukul 9 malam sampai pukul 6 pagi. Dengan demikian masyarakat yang berwisata berlibur maupun bertemu keluarganya bisa melakukan perjalanan pada siang hari paling tidak sampai pukul 9 malam,” ungkap Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Dia menghimbau, kepada masyarakat yang melakukan pesta kembang api agar tidak memainkan melakukannya di tempat-tempat yang berbahaya. Pihaknya tidak segan bakal melakukan razia kembang api.

“Bila ingin melakukan pesta lakukan dengan bijak tidak ditempat yang berbahaya kita banyak kilang minyak,” jelas Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Gubernur Sumsel Drs Agus Fatoni mengucapkan terima kasih kepada unsur terkait lainnya.

“Semoga nataru tahun ini berjalan lancar dan aman,” terang Pj Gubernur Sumsel Drs Agus Fatoni. (WO)

Laporan: Ana
Editor: Wahyu

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode