Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Politik

Akan Usulkan Paslon ke DPP Melalui Tim Perumus

Sumsel Independen – Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksanakan di 7 Kabupaten Kota, Wilayah Sumatera Selatan semakin kian tak terasa, persiapan demi persiapan juga terus dilakukan oleh berbagai partai politik.

Seperti yang dilakukan oleh Partai Gerindra melalui proses penjaring bakal calon terpilihnya yang memasuki tahap fit and proper test atau uji kepatutan- kelayakan.

Dari puluhan nama yang sudah mengambil berkas pencalonan, terdapat sekitar 53 nama yang mengembalikan berkas dan mengikuti tahap wawancara tersebut.

“Jumlahnya bervariasi untuk setiap daerah. Alhamdulillah, yang mengikuti fit and proper test ini ada 53 orang. Baik itu calon petahana ataupun pendatang baru. Dari 53 nama bakal calon Bupati – wakil bupati tersebut, nantinya akan mengikuti semua tahapan dan mekanisme yang ada di Partai Gerindra. Baik itu survey internal partai maupun survey independent,” kata Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel, Sujarwoto, Minggu (22/12).

Baca Juga :   Muhasabah Dan Refleksi Bulan Suci Dimasa Pandemi

Ia memaparkan, dari jumlah tersebut, Kabupaten Muratara terhitung sebanyak 9 orang untuk bupati dan minus wakil bupati. Setelah itu, Kabupaten Musi Rawas ada 7 calon bupati dan 7 calon wakil bupati. Berikutnya Pali sebanyak 5 cabup dan 6 cawabup, Ogan Ilir (4 cabup dan 3 cawabup), OKU Timur 5 cabup, OKU 5 calon dan OKU Selatan 1 cabup dan 1 cawabup. “Hanya di Kabupaten OKU Selatan yang daftar sepaket,” paparnya.

Dikatakanya, dalam tahapan tersebut, setiap kandidat juga akan diberikan suatu pertanyaan tentang visi misi, komitmen ke partai dan segala hal yang berkaitan dengan pencalonan kandidat tadi. Setelah tahapan ini selesai, dibawa ke dalam tim perumus terlebih dahulu sebelum diajukan ke DPP.

“Masuk ke tim perumus tanggal 25-26 Desember ini. Nantinya, mereka akan dinilai track record termasuk hasil survey sebelum putuskan minimal tiga nama yang akan diajukan ke DPP,” ujarnya.

Baca Juga :   Dinilai Tak Memiliki Urgensi Jadi UU, Kosgoro 1957 Tolak RUU HIP  

Dirinya melanjutkan, dari beberapa nama yang mengembalikan berkas tersebut, dijelaskan ada beberapa kandidat yang merupakan kader partai. Seperti di Muratara, Mura, Pali dan Ogan Ilir. Sedangkan untuk calon petahana yang sudah kembalikan berkas diantaranya, Popo Ali (OKU Selatan), Hendra (Mura), Ilyas Panji Alam (Ogan Ilir) Heri Amalindo (Pali) dan Syarif (Muratara) serta daerah lainnya.

“Kita punya kans menang di beberapa daerah. Seperti Pali, OKU Timur dan OKU Selatan. Sebab di ketiga daerah ini pada saat pemilu legislatif meraih suara signifikan dan menjadi pemenang. Seperti Pali dan OKU Timur. Sedangkan di OKU Selatan, kita raih wakil ketua DPRD. Dari beberapa calon yang mendaftar di Partai Gerindra, karena ini partai millenial serta banyak dipilih kaum muda,” lanjutnya.

Sementara, bakal calon Bupati OKU Selatan dari Partai Gerindra, Popo Ali mengungkapkan, bahwa dirinya optimis akan meraih dukungan dari Partai Gerindra. Meski begitu, dirinya akan tetap mengikuti semua mekanisme yang ada di partai. Adapun hingga saat ini, setidaknya sudah mendaftar dan juga mengembalikan berkas ke 8 parpol yang sudah buka pendaftaran.

Baca Juga :   Melihat Peluang Akbar dan Dewa di Pilwako Palembang Versi Pengamat

“Harapan saya tentu saja mendapatkan dukungan partai. Untuk berapa jumlahnya dikembalikan ke mekanisme partai. Tapi semakin banyak partai yang mendukung akan semakin baik,” ungkap Popo.

Popo juga mengatakan, bahwa saat ini energi untuk berjuang dinilainya semakin banyak. Popo juga menargetkan untuk mendapatkan kemenangan pada pilkada tahun depan. “Selain itu, saya ingin pilkada ini berjalan aman, damai dan juga rakyat ikut menang,” pungkasnya. (ril/wRc)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button