Griya Literasi
Pemkot

Festival Siguntang Ke 4 Resmi di Buka, Sultan Palembang Harap Dapat Mengangkat Sejarah

Selasa, 7 Nov 2023 17:41 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel kembali menggelar Festival Siguntang ke 4 Tahun 2023 di Bukit Siguntang. Festival Siguntang 2023 diadakan dari tanggal 7-9 November.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Provinsi Sumsel Koimudin membuka langsung Festival Siguntang tersebut.

Serangkaian kegiatan dihadirkan di Festival Siguntang 2023 seperti pada hari ini ada workshop tentang gaharu, lalu talk show tentang film dan lomba tari zapin Melayu.

Kemudian pada 8 November 2023 kegiatannya, pukul 09.00 – 12.00.WIB lomba lukis kaligrafi. Pukul 13.00-15.30 WIB lomba menyanyi lagu Melayu. Pukul 15.30-17.30 WIB lomba musikalisasi puisi.

Lalu pada 9 November 2023 kegiatannya, pukul 08.00-12.00 WIB workshop konservasi benda museum. Pukul 13.00-14.00 WIB, art performance. Pukul 14.00-16.00 WIB, lomba syarofal anam dan pukul 16.00 WIB penutupan.

Selain itu juga ada stand-stand UMKM baik makanan, minuman dan produk UMKM yang dihadirkan di Festival Siguntang.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn menilai Festival ini bukan hanya terkait budaya melainkan mengangkat sejarah, karena sejarahnya Melayu itu berasal dari bukit Siguntang.

“Orang Malaysia, Singapura akan mengatakan kita saudara tua mereka karena berasal dari Bukit Siguntang dan acara hari ini cukup bagus juga dengan penanaman pohon gaharu berdasarkan prasasti Talang Tuo kita sering menanam tanaman bermanfaat. Seperti gaharu ini untuk minyak wangi, dupa dan lain-lain,” kata SMB IV saat Pembukaan Festival Siguntang di Taman Bukit Siguntang Palembang, Selasa (7/11).

Selain itu Kesultanan Palembang Darussalam akan mensuport kegiatan-kegiatan kebudayaan seperti Tari Zapin Rodat merupakan bagian dari nilai-nilai kesultanan Palembang Darussalam dan orang-orang Kesultanan Palembang Darussalam banyak mensukseskan kegiatan tersebut karena koreografernya adalah orang Kesultanan Palembang Darussalam sendiri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi menilai Festival Siguntang ini diadakan setiap tahun dan tahun ini tahun keempat.

“Kita menghadirkan hal-hal baru yang tahun-tahun sebelumnya belum dihadirkan seperti tadi saat pembuatan ada tari zapin rodat,” katanya.

Menurutnya, tari zapin rodat ini didaulat mengisi acara HUT RI ke 78 di Istana Negara dengan menghadirkan 100 penari dihadirkan dan sukses membawa nama baik Sumsel.

Aufa menambahkan, bahwa Bukit Siguntang saat ini dibeberapa titik sedang diperbaiki seperti makam, pintu gerbang dengan sentuhan tanjak dan lain-lain. Proses perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

Sedangkan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Provinsi Sumsel Koimudin yang mewakili Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan, bahwa Pemprov Sumsel mengapresiasi apa yang dilakukan Disbudpar Provinsi Sumsel.

“Apa yang dilakukan Disbudpar ini untuk melestarikan budaya yang ada. Acara ini luar biasa karena digelar berbagai acara. Sebesar dan semondern apapun kita tidak boleh melupakan sejarah,” katanya.


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode