Griya Literasi

Kasus Korupsi Dana Pencegahan Covid-19: Terdakwa Rugikan Negara Rp 674 Juta

Rabu, 11 Okt 2023 20:50 2 menit membaca
Banner Muba

Sumsel Independen — Sidang perkara dugaan korupsi Dana pengadaan alat pencegahan Covid-19 tahun 2019 kembali berlanjut di Pengadilan Negeri Tipikor Palembang. Terdakwa Fitri Kurniawan menghadapi Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Edi Terial SH MH.

JPU OKU Selatan dalam sidang ini membawa 19 saksi, yang kesemuanya adalah Kepala Desa dan satu Camat Banding Agung OKU Selatan. Para saksi hampir secara bulat mengakui menerima uang sebesar Rp 3 juta dari terdakwa, yang diketahui sebagai bagian dari cashback dari terdakwa.

Salah satu saksi memberikan kesaksian, “Ya, saya menerima uang sebesar Rp 3 juta dari terdakwa.”

Usai sidang, Aci Jaya S, Kasi Intel Kajari OKU Selatan, menjelaskan bahwa hari ini seharusnya ada 20 orang saksi yang dihadirkan, tetapi yang hadir hanya 19 orang. Ia menyatakan, “Saksi yang kita hadirkan berjumlah 20 orang, berasal dari masing-masing desa di Banding Agung.”

Aci Jaya S juga menyampaikan bahwa dari kesaksian para saksi di sidang, terungkap bahwa terdakwa menawarkan alat-alat Covid-19 di 51 desa, termasuk di Kecamatan Kisam Ilir, Kecamatan Banding Agung, Kecamatan Pulau Beringin, dan Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Bahkan, ada iming-iming uang cashback sebesar Rp 3 juta.

Ia melanjutkan dengan menceritakan kronologi perkara ini, yang dimulai pada Januari 2022 hingga Mei 2022. Terdakwa Fitri Kurniawan dan saudara Leksi Yandi (DPO) diduga melakukan markup harga alat kesehatan untuk pencegahan Covid-19, yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2022 di 51 desa, termasuk Desa di Kecamatan Kisam Ilir, Kecamatan Banding Agung, Kecamatan Pulau Beringin, dan Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Terdakwa dan saudara Leksi Yandi (DPO) juga diduga mendekati semua kepala desa agar mau membeli alat-alat kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Akibat perbuatan ini, negara mengalami kerugian mencapai Rp 674.052.000.

Aci Jaya S menambahkan, “Tersangka Leksi Yandi masih dalam daftar pencarian orang (DPO).” (DN)

Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Hernoe
Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan
Hj. Anita Noeringhati, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode