Griya Literasi
Pemkot

Obat Batuk Pilek untuk Bayi: Ramuan Herbal yang Ampuh

Senin, 6 Mei 2024 13:17 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Batuk dan pilek pada bayi seringkali disebabkan oleh infeksi virus, yang membuat penggunaan obat-obatan bebas tidak disarankan untuk bayi di bawah usia enam tahun. Oleh karena itu, para orang tua perlu mencari pengobatan alternatif yang aman dan efektif, seperti Ramuan herbal, untuk meredakan gejala tersebut.

Melansir dari Halodoc.com, Berikut adalah beberapa Ramuan herbal yang dapat membantu meredakan batuk dan pilek pada bayi:

  1. madu: madu merupakan obat alami yang efektif untuk meredakan batuk dan pilek pada bayi yang sudah berusia lebih dari satu tahun. Namun, perlu diingat untuk tidak memberikan madu kepada bayi yang belum mencapai usia satu tahun. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon ke dalam segelas air hangat bersama dengan madu, karena lemon mengandung vitamin C yang membantu meredakan gejala batuk dan pilek.
  2. Sup atau Kaldu Ayam: Jika bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan padat, sup atau kaldu ayam dapat digunakan sebagai obat batuk pilek karena memiliki sifat anti radang. Pastikan semua bahan sup dipotong kecil-kecil agar bayi lebih mudah memakannya. Jika bayi belum dapat mengonsumsi makanan padat, Anda dapat mengubah Sup ayam menjadi bubur untuk memberikan manfaat yang sama.
  3. Bawang putih: Bawang putih mengandung sifat antibakteri dan antivirus. Anda dapat menggunakan Bawang putih dengan cara memanggang dua siung Bawang putih hingga kering, kemudian memasukkannya ke dalam kantong kain dan mengikatnya erat. Tempatkan kantong kain tersebut pada jarak yang aman dari tempat tidur bayi agar aromanya memberikan kenyamanan pada bayi dan meredakan hidung tersumbat serta batuk.
  4. kunyit: kunyit mengandung kurkumin, senyawa utama yang dapat meningkatkan respon antibodi tubuh untuk melawan virus penyebab batuk dan pilek. Anda dapat menambahkan kunyit ke dalam susu hangat atau air hangat sebagai obat batuk pilek untuk bayi.
  5. Jus wortel: Wortel mengandung nutrisi dan vitamin penting yang dapat membantu meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Anda dapat mengukus wortel, menghaluskannya, dan mencampurkannya dengan air suhu ruangan untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Untuk anak yang lebih besar, Anda dapat memberikan Jus wortel segar.

Dengan menggunakan Ramuan herbal yang tepat, Anda dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek pada bayi secara alami dan aman. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum memberikan obat apapun kepada bayi Anda.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode