Griya Literasi
Pemkot

Pemprov Sumsel Komitmen Wujudkan Tata Ruang Berkualitas

Kamis, 7 Sep 2023 16:56 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus memantapkan komitmennya untuk menciptakan Tata Ruang yang berkualitas. Upaya ini termanifestasi melalui penyelenggaraan Seminar dan Talkshow Penataan Ruang dengan tema “Peran Strategis Inspektur Pembangunan dan Penilaian Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) di Daerah Untuk Mewujudkan Tata Ruang dan Pembangunan yang Berkualitas.” Acara ini diselenggarakan oleh Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel, Kamis (7/9/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Ir. S.A. Supriono, membuka acara tersebut di Ballroom Grand Atyasa pada Kamis, 7 September 2023. Dalam sambutannya, Supriono mengapresiasi inisiatif Dinas PU dalam mengadakan seminar ini sebagai langkah penting dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Sumsel.

“Kegiatan ini penting untuk pemangunan yang berkelanjutan di Sumsel. Saya mengapresiasi PU yang selalu sigap menyikapi ini dengan mengadakan seminar,” ujar Supriono.

Supriono juga menekankan pentingnya peran Inspektur Pembangunan dalam pengawasan dan pengendalian penataan ruang di daerah, sejalan dengan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN RI nomor 21 tahun 2021.

Inspektur Pembangunan dalam pembangunan sangat penting agar pembangunan tidak menimbulkan dampak negatif,” tegasnya.

Dalam konteks pengawasan pemanfaatan ruang, penilaian pelaksanaan KKPR menjadi bagian krusial dari mekanisme pengendalian untuk memastikan tertibnya Tata Ruang.

“Hasil dari penilaian pelaksanaan KKPR tersebut akan menjadi masukan bagi rekomendasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk sebagai bahan evaluasi dalam penyempurnaan proses penerbitan KKPR serta Penilaian KKPR masa mendatang,” jelas Supriono.

Supriono berharap bahwa kegiatan seminar dan talkshow ini dapat mendorong optimalisasi proses pengendalian pemanfaatan ruang dan pengawasan penyelenggaraan penataan ruang, baik di lingkup pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

“Saya mengharapkan acara ini memberikan manfaat kepada seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan Tata Ruang yang berkualitas,” pungkasnya. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode