Griya Literasi

Porprov Sumsel ke XIV di Kabupaten Lahat Tuai Keluhan Terkait Sulitnya Akses Informasi Rekapitulasi Medali

Jumat, 15 Sep 2023 12:22 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Insan pers di Kabupaten Lahat mengungkapkan ketidakpuasan mereka terkait kesulitan mendapatkan informasi terkait rekapitulasi perolehan medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIV yang sedang berlangsung di Kabupaten Lahat. Hingga hari kedua pertandingan, pusat informasi yang diharapkan untuk menyediakan data perolehan medali masih belum ada.

Ehdi Amin SPdi, Sekretaris PWI Kabupaten Lahat, menyatakan bahwa beberapa cabang olahraga sudah mulai bertanding sejak Kamis (13/9/2023), namun informasi terkait perolehan medali masih belum tersedia. Ia mengkritik KONI Lahat karena dianggap tidak siap dalam hal penyediaan informasi, terutama mengenai rekapitulasi sementara perolehan medali.

KONI Lahat tidak hanya tidak siap, tetapi juga terkesan saling melempar tanggung jawab. Perolehan medali ini telah berjalan sejak Kamis, tetapi kita tidak tahu berapa banyak medali yang telah diraih oleh kontingen mana,” ujar Edi pada Jumat (25/9/2023).

Edi menekankan bahwa dia dan rekan-rekannya di PWI Lahat telah berusaha berkoordinasi dengan Ketua KONI Lahat, Kalsum Barefi, sebelum pertandingan dimulai. Namun, upaya koordinasi yang dilakukan dengan Sekretaris KONI Lahat, Heri Widodo, juga tidak membuahkan hasil. KONI Lahat terkesan melemparkan tanggung jawab kepada Dinas Komunikasi dan Informatika, yang seharusnya mengelola pusat media.

“Bukan memberikan solusi, mereka justru melempar tanggung jawab. Padahal, sebagai insan pers, kami sangat ingin mensukseskan Porprov di Kabupaten Lahat. Bagaimana media dari luar Lahat dapat memperoleh informasi jika bahkan media lokal mengalami kesulitan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Lahat, Rudi Dharma Setiawan, menjelaskan bahwa tugas mereka adalah mengelola pusat media, namun bukan mencari data rekapitulasi perolehan medali sementara dari setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Hingga saat ini, belum ada data yang diterima dari setiap cabang olahraga di bawah naungan KONI Lahat. Media center ini hanya bertugas sebagai tempat penerima data rekapitulasi dari cabang olahraga, dan menjadi wadah bagi siapa pun yang ingin mengetahui hasil rekapitulasi semua pertandingan,” jelasnya. (ril/via)

Laporan: Via Arzani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIX
    Majalah Independen Edisi LVIII

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode