Griya Literasi
Pemkot

tSurvey.id Hadirkan Layanan untuk Segmen UMKM

Senin, 19 Jun 2023 20:17 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Memperkuat konsistensi dalam penyediaan layanan survei digital, tSurvey.id menghadirkan layanan khusus bagi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kehadiran layanan terbaru ini mendukung terciptanya pengambilan keputusan berbasis insight bagi sektor UMKM yang merupakan salah satu sektor industri yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

Melalui fitur solusi terbaru ini, Telkomsel Enterprise melanjutkan komitmennya sebagai digital solutions enabler yang menghadirkan ragam #PastiAdaSolusi untuk setiap permasalahan bisnis guna mendorong transformasi, serta akselerasi pertumbuhan bisnis melalui pemanfaatan teknologi digital terkini yang dapat dikostumisasi dan diakses secara mudah oleh para pelaku bisnis UMKM di Indonesia.

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang mengatakan, “Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada Maret 2021, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,07% atau senilai Rp 8.573,89 triliun. UMKM berperan cukup besar dalam perputaran ekonomi di Indonesia.

Namun menurut data dari Kementerian Kominfo RI pada tahun 2022, dari 64 juta UMKM di Indonesia hanya sekitar 32 persen yang sudah terdigitalisasi atau memanfaatkan teknologi digital, artinya masih ada sekira 68 persen UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mengakselerasi perkembangan bisnisnya.

Ditambahkanya, Layanan terbaru dari tSurvey.id untuk segmen UMKM ini menghadirkan beragam fitur yang lebih user friendly, efisien, dan fleksibel untuk dapat dikerjakan serta digunakan sendiri, baik oleh pelaku UMKM maupun periset.

Sebagai bagian dalam langkah memperluas portofolio layanan segmen UMKM, tSurvey.id juga melakukan riset untuk membantu Brodo, sebuah brand sepatu lokal ternama, yang menggali insight berbasiskan data yang akurat dan berkualitas sehingga dapat membantu dalam menentukan arah strategi penjualan bisnis Brodo yang lebih customer centric ke depannya.

“Dengan hadirnya layanan khusus untuk sektor UMKM, diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis sektor UMKM untuk dapat meningkatkan performansi dan memperkuat posisi mereka di segmen pasarnya dengan memahami perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan dari perspektif responden.

Telkomsel melalui solusi tSurvey.id berkomitmen untuk menjadi mitra strategis terdepan bagi lintas sektor industri yang dapat membantu mendapatkan wawasan berharga dari market dan pelanggan yang dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan serta penentuan arahan bisnis menjadi lebih tepat berbasis insight yang akurat,” tutup Alfian. (Aly)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode