Griya Literasi

2022 Dinas Pertanian OKUT Salurkan 19 Unit Alsintan

Selasa, 7 Jun 2022 20:31 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Dinas pertanian Kabupaten OKI Timur Pada tahun 2022 Menyalurkan bantuan Alat dan mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 19 Unit bagi kelompok tani di seluruh kabupaten OKU Timur.

Yang mana tersebut merupakan bentuk dan upaya pemerintah OKU Timur untuk mendorong produktivitas para petani khususnya di kabupaten OKU Timur yang terkenal dengan lumbung Beras.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas pertanian Kabupaten OKU Timur Andri Irawan SP MSi mengatakan saat diwawancarai di ruangannya,19 unit Alsintan tersebut terbagi menjadi 8 unit yang merupakan bantuan dari Dana Alokasi khusus tahun (DAK) tahun 2022, sedangkan 11 unit lainnya merupakan bantuan dari Provinsi sumatera selatan. Selasa (7/6/2022)

“Alsintan yang bersumber dari DAK tahun 2022 yaitu Combine harvester 2 unit, colour sortir 1 unit dan 5 unit RMU, sedangkan 11 unit dari bantuan provinsi Sumatera Selatan yaitu Cron Sheller 5 unit ,Cron Sheller Mobile 1 unit ,Power Thresher 2 unit ,Power Thresher Multi 2 unit dan Power Thresher multi Mobile 1 unit ,”jelasnya

Andre berharap dengan adanya bantuan dari pusat dan provinsi serta penerapan inovasi terbaru dinas pertanian memiliki target peningkatan produktivitas yang pada tahun 2021 tercatat melalui BPS 6,0 ton per hektar menjadi 6.5 ton per hektar di tahun 2022.

“peningkatan target produktivitas ini juga di harapkan dapat menambah peningkatan indeks pertanaman yang ada di OKU Timur pada tahun 2021 IP 1.67 menjadi 2.0 di tahun 2022,”ungkapnya

Andre menambahkan selain Alsintan kami juga melaksanakan sistem inovasi terbaru yaitu pinos stabela di beberapa titik dan juga intervensi di lokasi-lokasi yang produktivitasnya rendah di 1350.H dengan membantu Benin ,pupuk dan pupuk hayati , yang bersumber dari APBD tingkat satu provinsi sumatera selatan.

“Kami berharap juga tahun ini dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) yang tahun sebelumnya OKU Timur Indeks Pertanaman hanya 1,67 mengingat menjadi 2 di tahun 2022,”Pungkasnya. (J)

Cak_In

Cak_In

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode