Griya Literasi

Bunga Melati: Aroma yang Menenangkan, Manfaat yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Rabu, 7 Feb 2024 10:18 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — bunga melati, selain menjadi simbol kecantikan, ternyata menyimpan sejumlah Manfaat Kesehatan yang tak terduga.

Bunga berwarna putih dan harum ini tidak hanya memberikan aroma yang menenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Melansir dari Halodoc.com, Berikut beberapa manfaat bunga melati yang perlu diketahui:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan EGCG dalam daun bunga melati dapat membantu mencegah penambahan berat badan dengan mempercepat metabolisme.

Sifatnya yang membersihkan racun berbahaya dan membakar lemak membuatnya cocok sebagai pendukung program penurunan berat badan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan tinggi bunga melati menjadikannya solusi untuk masalah Pencernaan seperti perut kembung, sakit perut, diare, dan dispepsia.

Selain itu, bunga ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, membantu menghilangkan bakteri berbahaya, dan membersihkan racun dalam tubuh.

3. Mengelola Diabetes dengan Efektif

Sifat hipoglikemik bunga melati membantu mengurangi kadar gula darah tubuh. Kandungan katekin bioaktifnya dapat mengaktifkan insulin dari sel pankreas, mengurangi pemecahan pati menjadi glukosa, dan akhirnya menurunkan kadar gula darah puasa dan insulin.

Griya Literasi

4. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan antioksidan, antikoagulan, dan antifibrinolitik dalam bunga melati memberikan perlindungan bagi kesehatan jantung.

Selain meningkatkan fungsi jantung, bunga melati juga mampu mengurangi kolesterol LDL, mencegah penyumbatan arteri, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Otak

bunga melati bukan hanya wanginya yang memikat, tetapi juga mampu meningkatkan fungsi otak.

Kandungan antioksidan kuat dan polifenol dalam bunga ini dapat meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan suasana hati, dan membantu fungsi kognitif seperti memori, fokus, konsentrasi, ketenangan, dan kewaspadaan.

Dengan segudang manfaatnya, bunga melati tak hanya diolah menjadi teh herbal, tapi juga menjadi tambahan istimewa dalam berbagai makanan seperti kue, puding, dan permen.

Meskipun bermanfaat, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman herbal untuk mengatasi masalah kesehatan.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode