Griya Literasi

Bupati Musi Rawas Diduga Melakukan Mutasi Pejabat Tanpa Pelantikan

Rabu, 3 Apr 2024 19:34 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Beredar kabar di berbagai grup WhatsApp mengenai dugaan mutasi pejabat fungsional tanpa adanya pelantikan oleh Bupati Musi Rawas. Jika informasi tersebut benar, hal ini dapat dianggap sebagai pelanggaran aturan.

Mutasi yang dilakukan diduga bertentangan dengan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor Surat 100.2.1.3/1575/SJ, yang mengatur kewenangan Kepala Daerah pada daerah yang sedang melaksanakan pilkada dalam aspek kepegawaian. Pada poin 3 surat tersebut, dijelaskan bahwa mulai tanggal 22 Maret 2024 hingga akhir masa jabatan Kepala Daerah, tidak diperbolehkan melakukan pergantian pejabat kecuali dengan persetujuan tertulis Menteri Dalam Negeri.

Informasi mengenai mutasi tersebut awalnya disampaikan melalui pesan WhatsApp dengan nomor pengirim +628x xxxx xx50 yang didapat oleh wartawan. Pesan tersebut menyampaikan bahwa terdapat pergantian pejabat fungsional tanpa dilakukan pelantikan.

Griya Literasi

“Hari ini infonya ada pergantian pejabat fungsional tanpa ada pelantikan,” ujar salah seorang sumber melalui pesan WhatsApp.

Tidak hanya itu, ketika ditanya mengenai pejabat fungsional yang diganti, sumber tersebut menyebutkan beberapa kepala sekolah yang terkena mutasi.

“Mutasi kepala sekolah SMP Pasenan, kepala sekolah SMP Pedang, dan kepala sekolah SMP Terawas,” tambahnya.

Namun, saat dihubungi, David Pulung, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDSM) Kabupaten Musi Rawas, mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui adanya informasi tersebut.

“Tidak tahu kalau ada pergantian pejabat fungsional, coba nanti saya cek,” ungkap David. (den)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode