Griya Literasi

FUSHPI UIN RaFa Masuk Rekomendasi Sertifikasi ISO 9001:2015

Senin, 19 Feb 2024 20:58 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Memasuki awal Semester Genap 2023/2024, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) mendapatkan jadwal Audit Criteria ISO 9001:2015 dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Raden Fatah pada hari Senin, (19/2/2024).

Audit berlangsung selama satu hari oleh Satuan Audit Internal bekerjasama dengan British Standards Institution (BSI) secara luring/tatap muka. Audit mutu eksternal ini bertujuan guna menjaga mutu instansi, baik fakultas maupun prodi.

ISO 9001:2015 adalah suatu standar internasional untuk Sertifikasi sistem manajemen mutu atau Sertifikasi sistem manajemen. Kriteria Audit berupa set kebijakan, prosedur atau persyaratan yang dipakai sebagai rujukan. Sebagai informasi, sebelumnya FUSHPI telah meraih ISO 9001: 2015 dan dinyatakan Resertifikasi ISO 9001: 2015 oleh Badan Sertifikasi (BSI) di tahun 2022.

Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas dan berikutnya dilanjutkan di ruiang masing-masing Prodi, dengan rundown yang terjadwal dari pukul 09.30 – 17.15 WIB. Adapun yang diaudit yakni Gugus Pengendalian Mutu Fakultas (GPMF) dan Gugus Pengendalian Mutu Prodi (GPMP), Prodi Ilmu Hadis (ILHA), Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Prodi S2 Ilmu Alqur’an dan Tafsir (IQT S2), serta laboratorium fakultas, dengan auditor yaitu Bapak Andri Sulendra dan Bapak Edy Widodo dari BSI.

Dari hasil Audit yang telah dilakukan oleh BSI, Andri Sulendra dan Edy Widodo mengungkapkan bahwa FUSHPI masuk dalam rekomendasi Sertifikasi untuk ISO 9001:2015.

“Selamat! Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah direkomendasikan untuk melanjutkan Sertifikasi ISO 9001 : 2015” Ungkap Edy Widodo dalam penutupan kegiatan Audit ISO.

Dekan FUSHPI, Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.Ag pada closing meeting juga menyampaikan bahwa Audit Eksternal ini sangat diperlukan untuk mengetahui hal apa saja yang harus kita tingkatkan dan perbaiki.

“Dengan adanya Audit dari eksternal ini, kita bisa mengetahui hal apa saja yang harus kita tingkatkan dan perbaiki dalam pengelolaan mutu pendidikan” ujar Dekan FUSHPI. Karena ISO 9001:2015 membahas berbagai aspek pengelolaan mutu institusi, yang mencakup perencanaan, pengendalian, pengukuran, dan perbaikan. (Ril)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode