Griya Literasi
Pemkot

Gubernur Sumsel Serahkan Bantuan Pertanian dari Pemkab OKU Timur untuk Semangati Petani

Sabtu, 16 Sep 2023 23:48 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Gubernur Sumsel H. Herman Deru melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten OKU Timur dan memberikan Bantuan serta penghargaan kepada Bupati OKU Timur dalam bidang Pertanian.

Penyerahan beragam Bantuan sarana Pertanian ini berlangsung di Desa Srimulyo, Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur pada Sabtu (16/9). Dalam sambutannya, Gubernur Herman Deru mencatat prestasi Sumsel sebagai salah satu produsen beras terbesar di Indonesia dan mengapresiasi peran petani, termasuk di OKU Timur, dalam pencapaian ini.

“Kita melihat komitmen Pemkab OKU Timur terhadap Pertanian. Saya, sebagai wakil Menteri Pertanian, dengan senang hati menyerahkan penghargaan kepada Bupati OKU Timur atas dedikasinya dalam membangun Pertanian,” ujarnya.

Dimana beberapa waktu lalu dari segi peningkatan produksi beras OKU Timur masuk peringkat 4 nasional dan tertinggi di Sumsel dengan memiliki provitas sebesar 6,36 ton/ha (meningkat 0,11 ton/ha) dengan peningkatan produksi sebesar 58.288 ton.

“Saya bangga dengan Pemkab OKU Timur dan jajaran, karena pondasi yang Saya pasang dulu saat menjadi Bupati memang sukses,” jelasnya.

Atas keberhasilan ini pula menurutnya Kabupaten OKU Timur dan lebih luas lagi Sumsel tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi kebutuhan pangan seperti di daerah dan negara lainnya.

Dengan wilayah yang luas serta irigasi yang bagus menurutnya harus disyukuri masyarakat dengan cara mengelola ini sebaik mungkin. Caranya dengan membimbing petani bersama ribuan penyuluh P2EP yang sudaj diangkat agar produktivitas pangan di OKU Timur semakin meningkat.

“Selanjutnya kita juga sudah benahi irigasi 119.000 meter maju se Sumsel. Inilah bentuk komitmen kita,” tambahnya.

Namun demikian wilayah yang luas ditambah irigasi yang banyak diakuinya juga belum cukup untuk memaksimalkan peningkatan produktivitas pangan petani. Apalagi Sumsel ditugaskan menjadi daerah penyangga pangan nasional dengan tambahan produksi 200.000 ton lagi dari pusat.

“Kalau untuk kebutuhan Sumsel setahun 500.000 ton kita sudah lewat. Tapi kita ditugaskan meningkatkan produksi 200.000 ton lagi dari produksi kita 3 juta ton. Tak mungkin Gubernur, Bupati bekerja sendiri. Tapi yang sangat kita perlukan saat ini adalah semangat petani,” jelasnya.

Karena itu pula untuk menyemangati petani, Gubernur Herman Deru  hadir langsung menyerahkan Bantuan sarana dan prasarana Pertanian Pemkab OKU Timur pada petani.

“Makanya ini Bupati membagikan alsintan, alat Pertanian untuk petani. Dan tadi ada beberapa kabupaten lain juga yang dibantu juga sehingga peralatan petani cukup,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Gubernur Herman Deru juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada para petani yang ada di Kabupaten OKU Timur ini yang sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan produksi di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022. Iapun berharap  pada tahun 2023 ini petani masih berkontribusi besar terhadap angka produksi Provinsi Sumatera Selatan.

Beberapa peralatan Pertanian yang diserahkan secara simbolis itu diantaranya meliputi Combine Harvester, Traktor Roda 4 (Pemprov), Rice Milling Unit (RMU) ( Pemprov), Traktor Roda 2, Rice Transplanter, Pompa Air, Cultivator, Pupuk Organik Cair, Benih Padi, Benih Sayuran, Jalan Hsaha Tani, Listrik Masuk Sawah, dan Bibit Duku.

Sementara itu Bupati OKU Timur H Lanosin mengatakan sangat bangga dan semakin termotivasi atas penghargaan yang diberikan. Iapun optimistis produksi padi di OKUT dapat mencapai 1 juta ton GKP dan GKG.

“Untuk meningkatkan produksi tersebut kita akan terus mendorong agar bisa memperluas lahan Pertanian,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu  Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga sempat melakukan panen raya Padi IP 300 Tahun 2023  untuk Percepatan Tanaman Tahun 2024 bersama para petani OKU Timur. (RIl)


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode