Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

HeadlinePemerintah Daerah

Kemenag OKUT Gelar Manasik Haji Massal

Sumsel Independen – Sebagai bekal pemantapan ibadah haji tahun 1443H/ 2022 M, sebanyak 443 jamaah calon haji menjalani manasik haji massal selama dua hari di Masjid Agung At – Taqwa, Gumawang, Kecamatan Belitang, Senin (23/05/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Timur, H Rosyid mengatakan, manasik haji merupakan tugas atau program kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Agama guna memberikan bekal kepada jamaah calon haji.

“Ini bukan hanya bekal manasik haji saja, akan tetapi juga menyampaikan pengalaman-pengalaman dari para narasumber. Dalam kegiatan ini juga disampaikan informasi-informasi terkait problem-problem yang dihadapi selama berangkat dari Indonesia sampai ke Arab Saudi hingga kembali lagi,”jelasnya

Sementara, Bupati OKU Timur H Lanosin ST yang hadir dalam acara tersebut pada kesempatan ini menyampaikan, kegiatan ini sebagai bekal pemantapan ibadah haji tahun 1443H/ 2022 M.

“Kegiatan manasik haji ini merupakan sebuah bimbingan atau pembinaan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib dikuti oleh jamaah calon haji itu sendiri,” ungkapnya

Baca Juga :   Kreativitas Seni Pemuda OKU Timur Di Tengah Pandemi

Kegiatan Manasik Haji bertujuan agar calon jamaah haji memahami tentang pelaksanaan ibadah haji, perjalanan haji baik di tanah air maupun di Arab Saudi. Selain itu juga terkait kesehatan jemaah calon haji dan kemampuan mengamalkan itikad pada saat pelaksanaan ibadah haji.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena diberikan kesempatan untuk kembali menunaikan Rukun Islam yang kelima. Ini sebagai kewajiban Umat Islam yaitu menunaikan lbadah Haji Ke Tanah Suci Makkah Al-Mukarramah,” ujarnya.

Selain itu, dirinya berharap agar jemaah calon haji dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Serta dapat mempersiapkan diri secara maksimal, baik secara fisik, kesehatan, mental, dan tidak lupa berdoa serta berpasrah kepada Allah SWT.

“Tetap jaga kesehatan dan mulai saat ini mempersiapkan diri dengan fisik yang sebaik-baiknya dan persiapan gerak. Supaya nanti ketika Bapak lbu dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (J)

Sumsel Independen

Redaksi Sumselindependen.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button