Griya Literasi

Mengatasi Anemia: Kebiasaan Sehat yang Perlu Diterapkan

Jumat, 9 Feb 2024 11:33 2 menit membaca

Sumsel Independen — Anemia bisa disebabkan oleh faktor bawaan lahir atau pola hidup yang kurang sehat. Untuk mengelola kondisi ini dengan baik, penting untuk menerapkan kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan kadar sel darah merah dan keseimbangan nutrisi tubuh.

Melansir dari Halodoc.com, Berikut adalah beberapa kebiasaan sehat yang perlu diterapkan oleh pengidap anemia:

  1. Kurangi Konsumsi Makanan dengan Gluten: Makanan yang mengandung gluten dapat merusak dinding usus dan menghambat penyerapan Zat Besi dan Asam Folat yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Pengidap anemia, terutama yang memiliki celiac, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan dengan gluten.
  2. Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi: Zat Besi sangat penting untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsilah makanan tinggi Zat Besi seperti daging merah, hati, bayam, dan kacang-kacangan untuk memastikan kebutuhan Zat Besi terpenuhi.
  3. Hindari Pengobatan Tertentu: Beberapa jenis obat seperti cephalosporin, dapson, dan NSAID dapat memicu reaksi autoimun yang merusak sel darah merah. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.
  4. Rajin Konsumsi Asam Folat: Asam Folat penting dalam pembentukan sel darah merah dan perlu dijaga keseimbangannya. Konsumsi sayuran hijau, buncis, kacang-kacangan, atau suplemen Asam Folat sesuai anjuran dokter.
  5. Kurangi Konsumsi Alkohol: Alkohol dapat mengganggu produksi dan pematangan sel darah merah serta mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan. Kurangi konsumsi alkohol untuk mencegah kekurangan Zat Besi dan Asam Folat.

Dengan menerapkan kebiasaan sehat ini, diharapkan kondisi anemia dapat dikelola dengan lebih baik. Namun, jika gejala tidak membaik atau ada ketidaknyamanan yang berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode