Griya Literasi
Pemkot

Mengkudu: Kaya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 7 Mei 2024 16:31 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Mengkudu, atau yang dikenal juga sebagai Buah Pace, tidak hanya menjadi buah tropis yang lezat, namun juga menyimpan beragam Nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan kandungan mulai dari mineral hingga Antioksidan, Mengkudu telah lama digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Mari kita lihat beberapa Manfaat Kesehatan yang ditawarkan oleh buah Mengkudu ini.

Kandungan Nutrisi Mengkudu:

Mengkudu mengandung sejumlah Nutrisi penting, seperti:

  • Kalori: 5,1 kkal
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Gula: 1 gram
  • Natrium: 5,1 miligram
  • Vitamin C: 9 miligram

Selain itu, buah ini juga kaya akan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, potasium, tembaga, magnesium, sodium, zink, fosfor, dan selenium.

Manfaat Kesehatan Mengkudu:

  1. Meredakan Nyeri Sendi: Mengkudu memiliki sifat anti nyeri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi rasa sakit di persendian.
  2. Menjaga Kesehatan Jantung: Kandungan Nutrisi dalam Mengkudu dapat menurunkan lemak darah dan kolesterol, serta mengurangi peradangan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh: Dengan tingkat Antioksidan yang tinggi, Mengkudu dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.
  4. Membantu Penurunan Berat Badan: Konsumsi jus buah Mengkudu dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan kadar hormon ghrelin, mencegah penambahan berat badan, dan mengurangi lemak visceral.
  5. Meningkatkan Energi: Antioksidan dalam Mengkudu dapat mencegah kerusakan pada otot dan jaringan tubuh, membantu para atlet untuk menghindari rasa lelah yang berlebihan.
  6. Meningkatkan Kesehatan Otak: Kandungan Antioksidan dalam Mengkudu dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penurunan fungsi otak akibat stres, depresi, dan cemas.
  7. Mencegah Kerusakan Jaringan akibat Merokok: Mengkudu dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada perokok aktif, meskipun bukan berarti merokok diperbolehkan.

Perhatian sebelum Mengonsumsi Mengkudu:

  • Gangguan Hati atau Ginjal: Orang dengan riwayat gangguan hati atau ginjal sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi Mengkudu.
  • Anak-anak, Lansia, dan Ibu Hamil: Sebaiknya hindari konsumsi Mengkudu secara sembarangan, terutama bagi anak-anak, lansia, dan ibu hamil.
  • Penggunaan bersama Obat Lain: Bagi yang sedang menjalani pengobatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi Mengkudu untuk menghindari interaksi obat.

Meskipun Mengkudu memiliki banyak manfaat, tetaplah mengonsumsinya dengan bijak dan tidak berlebihan. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelum mengonsumsi buah ini.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode