Griya Literasi

Penggelembungan Suara di OKU Selatan, Mukhlis Minta Bawaslu Harus Tegas

Selasa, 20 Feb 2024 12:57 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Diduga kuat telah terjadi penggelembungan suara secara masif untuk DPR RI di wilayah kabupaten OKU Selatan. Hal tak wajar ini mengakibatkan salah satu Caleg DPR RI memperoleh suara sangat banyak berdasarkan web site KPU.

Bahkan di beberapa TPS yang bersangkutan menyapu bersih semua suara sah. Padahal hasil sebenarnya diduga tidak demikian.

“Patut diduga upaya penggelembungan ini terstruktur, sistematik dan masif. Hal ini tentunya bukan hanya merugikan caleg internal namun juga merugikan partai lainnya,” ujar Direktur Eksekutif Lintas Politika Indonesia, Kemas Khoirul Mukhlis, Selasa (20/02/2024).

Ditambahkan, pihaknya memiliki data yang cukup terhadap dugaan penggelembungan suara ini. Sehingga diharapkan Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat segera melakukan investigasi dan upaya lain yang diperlukan.

Griya Literasi

“Saya mendengar sudah ada partai yang melaporkan ini secara resmi ke Bawaslu. Jadi tak ada alasan bagi Bawaslu untuk menunda menindaklanjuti laporan tersebut,” ujar Mukhlis lagi.

Jadi dari 19 kecamatan yang ada di OKU Selatan, dugaan penggelembungan suara ini terjadi setidaknya di 11 kecamatan seperti Sungai Are, Muara Dua, Banding Agung, Buay Sandang Aji dan lainnya.

“Solusinya tentu Bawaslu harus merekomendasikan pembukaan kotak secara menyeluruh serta menghitung ulang perolehan suara. Terpenting, supaya tidak menciderai demokrasi para pelakunya bisa dibawa ke ranah pidana, guna efek jera bagi lainnya,” tambahnya lagi.

Dalam waktu dekat, Mukhlis menjelaskan bila masalah ini tidak ditanggapi Bawaslu Sumsel maka akan dibawa ke tingkat pusat. Karena dugaan penggelembungan ini tak boleh dibiarkan begitu saja.

Suara masyarakat dimanipulasi sedemikian rupa untuk menguntungkan partai dan caleg tertentu. (DN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode