Griya Literasi
Pemkot

Serba-Serbi SRGF 2023: Dari Perlombaan, Hingga Makan Malam Memukau dengan Tri Suaka

Minggu, 20 Agu 2023 00:16 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2023 telah kembali memukau ribuan peserta dan penonton yang membanjiri pelataran Danau Ranau, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Event yang diinisiasi oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, ini telah digelar untuk kelima kalinya dan menjadi sorotan utama pada Sabtu (19/08/2023) pagi. Acara ini dimulai dengan pengibaran bendera start oleh Gubernur Herman Deru pada pukul 07.00 WIB.

Dalam acara prestisius ini, tak kurang dari 1000 peserta turut serta, termasuk pembalap nasional asal Sumsel, Ade Agung Dinatara, serta peserta internasional dari Australia, Prancis, dan Pakistan. Mereka bersaing dalam sepuluh kategori yang berbeda, masing-masing dengan hadiah menarik.

Kategori-kategori dalam SRGF 2023

1. Kategori Road Bike (RB) Men Elite, dengan jarak tempuh 102 Km, memperebutkan hadiah berupa 1 unit mobil.

2. Kategori RB Men Junior, RB Master A, dan RB Master B, yang masing-masing memperebutkan hadiah motor roda dua.

3. Kategori RB Women Junior dan RB Women, juga bersaing untuk hadiah motor roda dua.

4. Kategori lomba MTB Men dan MTB Women, dengan hadiah sepeda Polygon siskiu D5.

5. Kategori Tiny Wheel Men dan Tiny Wheel Women, juga memperebutkan hadiah sepeda Polygon siskiu D5.

Selain hadiah utama, para pemenang dari berbagai kategori akan menerima medali serta sejumlah uang pembinaan. Tahun ini, SRGF juga disemarakkan oleh peserta Fun Bike dari berbagai lapisan masyarakat.

Sebelum melepas peserta lomba, Gubernur Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada para sponsor, kepala daerah di Sumsel, dan kepala daerah dari provinsi tetangga yang turut hadir dalam acara ini. Danau Ranau, yang merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba, menjadi tempat yang sempurna untuk menggelar event prestisius ini.

Menurut Gubernur Herman Deru, SRGF telah memberikan dampak positif yang besar terutama dalam perekonomian daerah sekitar. Aneka jajanan dan kuliner yang dijual oleh warga setempat mendapat respon positif dari para peserta dan penonton. Homestay pun terisi penuh, memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal. Selain itu, objek wisata Danau Ranau semakin terkenal di kancah nasional.

“Inilah salah satu alasan saya menginisiasi event ini setiap tahun,” ujar Herman Deru, menekankan pentingnya SRGF bagi pengembangan ekonomi dan promosi pariwisata daerah.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Herman Deru dan seluruh peserta yang berpartisipasi dalam SRGF 2023 di Danau Ranau OKU Selatan. Ia mencatat bahwa event ini telah memberikan dampak positif yang luar biasa pada ekonomi masyarakat sekitar, dengan homestay penuh sesak dan penjualan makanan yang meningkat pesat.

Gala Dinner Meriah di Malam Sebelumnya

Sebelum acara lomba dimulai, sebuah Gala Dinner diadakan pada malam sebelumnya di Graha Serasan Seandanan, Banding Agung, OKU Selatan. Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, bersama dengan Bupati dan Forkompinda Kabupaten OKU Selatan, berkumpul dalam suasana keakraban.

Kejutan pada malam tersebut datang dari artis yang tengah naik daun, Tri Suaka. Kehadirannya di Gala Dinner berhasil menambah kehangatan dan kesemarakkan acara.

Di tengah obrolan santai antara pejabat dari Pemerintah kabupaten OKU Selatan dan Propinsi Sumsel yang hadir, Tri Suaka diminta untuk menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur peserta acara ramah tamah. Dengan penuh antusiasme, beberapa lagu pun dinyanyikan oleh artis yang tengah populer tersebut.

Salah satu momen yang tak terlupakan adalah saat Tri Suaka membawakan lagu daerah berjudul “Nasib Badan.” Di hadapan Gubernur Sumsel Herman Deru, Bupati OKU Selatan Popo Ali, dan para Forkompinda yang turut hadir, suasana seketika menjadi hening. Semua yang hadir seakan meresapi setiap bait lirik dan nada lagu ini yang begitu menyentuh.

Setelah bernyanyi, Tri Suaka yang mengenakan baju kaos merah motif garis putih terlihat duduk santai, berbincang-bincang bersama Gubernur Sumsel Herman Deru, Bupati Popo Ali, dan Sholehein Abuasir, Wakil Bupati OKU Selatan.

Acara Gala Dinner berlangsung hingga pukul 22:00 WIB. Meskipun gerimis turun di sekitar Danau Ranau, itu hanya menambah romantisnya momen tersebut. (DK)

Laporan: Deni Kemala
Editor: Pram

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode