Griya Literasi
Pemkot

Dampak Polusi Udara Pada Kesehatan yang Sering Dialami

Sabtu, 9 Sep 2023 20:20 3 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Ditengah banyaknya Karhutla, menyebabkan Polusi Udara tidak sehat yang sedang aktifnya saat ini akibat musim kemarau.

 

Melansir dari Halodoc.com, Polusi Udara adalah pencemaran udara oleh zat apa pun. Ini bisa berbahaya bagi manusia dan organisme hidup lainnya karena dapat menyebabkan di berbagai masalah Kesehatan.

Polutan ini ada yang alami dan ada juga yang buatan, biasanya yang alami berbentuk seperti debu, permukaan tanah atau gas berbahaya dan nitrogen.
Untuk yang buatan ini terdiri dari pembakaran sisa industri atau pembakaran hutan dan lahan, asap tembakau, kendaraan bermotor, bahan bangunan ataupun bahan kimia rumah tangga.

Tentunya Akibat dari kondisi Polusi Udara ini dapat berdampak pada Kesehatan tubuh, berikut beberapa gejala penyakit yang akan kamu alami jika tidak memperhatikan Kesehatan :
1. Mengalami gejala Batuk

Polusi Udara yang masuk ke sistem pernafasan melalui hidung akan memicu tubuh mengeluarkan polutan. Akibatnya Polusi Udara dapat menyebabkan seseorang mengalami gejala batuk.

2. Penderita Asma

Untuk orang penderita asma, sebaiknya tetap memperhatikan kebersihan area rumah secara rutin agar udara disekitar mu tetap bersih, sehingga terhindar asma kambuh secara berulang.

3. Paru-paru bekerja tidak maksimal

Jika sedari kecil sudah tumbuh dilingkungan udara tidak bersih, maka akan berisko saat dewasa pada pertumbuhan paru-paru yang bekerja tidak maksimal akibatnya paru-paru berfungsi tidak normal.

4. Alami Kelahiran prematur

Untuk mencegah kelahiran prematur, sebaiknya ibu hamil ketika melakukan aktifitas diluar ruangan gunakan masker supaya terhindar menghirup Polusi Udara yang kotor dan tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin agar terhindar dari gangguan kehamilan yang tidak diinginkan.

5. Mata yang terganggu

Mata yang terpapar oleh asap atau Polusi Udara akan mudah merasakan kering, iritasi, glaukoma, dan konjungtivitis.
Jika kamu tengah melakukan aktivitas diluar, akan lebih baik jika kamu menggunakan perlindungan mata seperti kacamata dan selalu menyediakan obat tetes mata agar tidak kering.

6. Meningkatnya penyakit kardiovaslukar

Kardiovaslukar istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah. Akibat selalu menghirup Polusi Udara yang kotor mmebuat zat dari polutan masuk ke aliran darah melalui paru-paru dan jantung. Gejala ini bisa membut kamu berisiko terkena penyakit jantung.

Akibat dampak Polusi Udara ini sungguh Terdapat tiga cara mudah untuk mengatasi dari gangguan pernapasan, yaitu :
1. Cairan tubuh tercukupi

Air dapat membantu mencairkan lendir yang melapisi saluran udara paru-paru. Jika kamu mengalami dehidrasi, lendir yang ada akan menebal dan lengket maka akan mempengaruhi pernapasan. coba untuk mengonsumsi air yang cukup, bisa juga dengan jus atau air perasan lemon hangat untuk membantu melancarkan pernapasan.

2. Penggunaan nasal spray

Nasal spray atau obat semprot hidung merupakan obat yang digunakan di area hidung dan sinus. Jika kamu mengalami masalah pernapasan akibat Polusi Udara bisa gunakan nasal spray, Ini bisa berfungsi untuk meringankan hidung yang tersumbat.

3. Konsumsi obat sesuai resep dokter

Jika masalah pernapasan sudah menggangu aktifitasmu sebaiknya mengkonsultasikan diri ke dokter, agar tidak terjadi hal yang lebih parah. Dokter akan meresepkan obat yang sesuai dengan keluhan yang anda alami.

Tentunya jika kamu sudah mengalami gejala seperti diatas akibat Polusi Udara, segera konsultasikan ke dokter. Jangan sampai menyepelekan Kesehatan tubuh, karena dirasa gejalanya masih terbilang ringan.

Laporan: Umi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LXIII
    Majalah Independen Edisi LXI

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode