Griya Literasi

Kolaborasi Swasta dan KUD Sejahtera Buka Peluang Baru Masyarakat

Selasa, 5 Des 2023 18:39 2 menit membaca

Sumsel Independen — PT Pussa, kolaborasi antara Koperasi Unit Desa Sejahtera (KUD Sejahtera) dan PBSA Group, akan melakukan ground breaking untuk pembangunan pabrik minyak kelapa sawit. Acara ini dijadwalkan pada hari Kamis, 14 Desember 2023 dan akan diawali dengan peletakan batu pertama, yang menandai dimulainya pembangunan pabrik yang strategis untuk mengelola hasil perkebunan kelapa sawit masyarakat.

KUD Sejahtera, yang telah berdiri sejak tahun 1984, mampu mengatasi tantangan dan perubahan zaman. Terletak di Desa Toman, Sungai Angit, Sungai Napal, dan Lubuk Buah, KUDS memiliki lebih dari 1500 anggota dengan total lahan plasma mencapai 3000 hektar. Program Replanting Kelapa Sawit 2017 dari Presiden Joko Widodo, melalui BPDPKS, memberikan dorongan signifikan dengan hibah Rp 30 juta per hektar.

Pada tahun 2022, KUDS menjalin kolaborasi strategis dengan PBSA Group untuk membangun Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) baru. Melalui entitas baru, PT Pussa (Putra Utama Sawit Sungai Angit), pembangunan PMKS diresmikan dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“PT Pussa adalah hasil kerjasama antara KUD Sejahtera, PBSA Group, dan masyarakat umum. Ini adalah langkah besar untuk mengelola hasil perkebunan kelapa sawit secara profesional dan memberikan kepastian harga kepada petani,” ungkap Drs Tamrin Tohet, penggagas dan motivator di balik proyek ini.

Proses perizinan KPPKR, PBB, amdal, dan lainnya sedang berlangsung, dan sejauh ini, pembebasan lahan seluas 16,04 hektar sudah berlangsung. PMKS direncanakan memiliki kapasitas produksi 30 ton per jam, dengan potensi bahan baku dari lebih dari 6500 hektar lahan kelapa sawit masyarakat dan kebun swadaya.

“Jumlah anggota KUDS 1536, saham umum itu angggota kuds dan masyarakat 30 persen,” tambahnya.

Pembangunan PMKS ini juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan menjadi sentra ekonomi baru bagi masyarakat Desa Babat Toman dan sekitarnya. Melalui kolaborasi yang kokoh antara sektor swasta, koperasi, dan masyarakat, proyek ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan ekonomi lokal. (pp)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode