Griya Literasi

Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Lidah Buaya

Senin, 12 Feb 2024 16:25 2 menit membaca

Sumsel Independen — Lidah Buaya atau aloe vera dikenal karena kaya manfaat, tidak hanya untuk kecantikan tetapi juga untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari Halodoc.com, Gel Lidah Buaya, yang ditemukan di bagian tengah kulitnya, sering diolah menjadi berbagai produk kecantikan seperti salep, losion, atau krim. Sedangkan lateks, yang berasal dari lapisan di bawah kulit, biasanya dijadikan bahan untuk suplemen.

Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa yang bisa diperoleh dari mengonsumsi Lidah Buaya:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsi Lidah Buaya secara rutin, risiko terkena Penyakit Jantung dapat dikurangi. Nutrisi yang terkandung dalam Lidah Buaya mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena kolesterol.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Lidah Buaya dapat menjadi solusi untuk masalah Pencernaan seperti susah buang air besar. Kandungan bahan kimia dalam Lidah Buaya efektif sebagai obat pencahar. Nutrisi dalam Lidah Buaya juga merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus, menyehatkan sistem Pencernaan.

3. Mengobati Penyakit Reumatoid arthritis

Lidah Buaya terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri akibat penyakit reumatoid arthritis. Mengonsumsi Lidah Buaya selama dua minggu berturut-turut dapat membantu meredakan gejala penyakit ini.

4. Menjaga kesehatan gigi dan Mulut

Studi baru menunjukkan bahwa Lidah Buaya memiliki sifat antibakteri dan mengandung nutrisi yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Lidah Buaya secara teratur dapat membantu mengatasi plak dan masalah gigi pada umumnya. Meskipun Lidah Buaya memiliki banyak manfaat, tidak semua orang disarankan untuk mengonsumsinya.

Berikut adalah beberapa kelompok yang sebaiknya menghindari konsumsi Lidah Buaya:

  1. Anak-anak di bawah 12 tahun: Lidah Buaya dapat menyebabkan sakit perut, diare, atau kram pada anak-anak kecil.
  2. Ibu hamil dan menyusui: Dikaitkan dengan risiko keguguran dan cacat lahir.
  3. Penderita wasir: Lidah Buaya dapat memperburuk kondisi wasir.
  4. Orang yang akan menjalani operasi: Konsumsi Lidah Buaya dapat mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi Lidah Buaya secara rutin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda termasuk dalam kelompok risiko. Keselamatan dan kesehatan selalu menjadi prioritas utama.(umi)

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode