Griya Literasi

Menggigil Bukan Hanya Kedinginan, Ada Beberapa Penyebab Lain yang Perlu Diketahui

Jumat, 1 Des 2023 16:08 2 menit membaca

Sumsel Independen — Dalam cuaca yang dingin, Menggigil adalah respons alami tubuh untuk menjaga suhu tetap stabil. Namun, apa yang terjadi jika tubuh Menggigil tanpa adanya faktor cuaca yang mempengaruhi?

melansir dari Halodoc.com, Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Kedinginan: Ketika terpapar suhu rendah, tubuh merespons dengan mengirim sinyal ke otot untuk berkontraksi, menghasilkan panas, dan memicu termogenesis. Ini adalah mekanisme alami untuk menjaga Suhu Tubuh.

2. Dehidrasi: Sistem termoregulasi tubuh dapat terganggu oleh Dehidrasi, menyebabkan perasaan kedinginan dan Menggigil. Dehidrasi juga memengaruhi sirkulasi darah, memicu respons tubuh terhadap suhu.

3. Ketakutan: Rasa takut memicu respons “fight-or-flight” dan aktivasi sistem saraf simpatik. Hormon stres dilepaskan, meningkatkan denyut jantung dan merangsang kontraksi otot, dapat menyebabkan tubuh Menggigil.

4. infeksi: Menggigil dapat menjadi tanda bahwa tubuh melawan infeksi, meningkatkan suhu untuk melawan virus atau bakteri. Flu, demam berdarah, atau infeksi lainnya dapat menyebabkan gejala ini.

5. Hipoglikemia: Penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan gemetar. Ini bisa terjadi saat kelaparan atau pada pengidap diabetes dengan kadar gula rendah.

6. Gangguan Tiroid: Masalah pada tiroid, seperti hipotiroidisme, dapat memengaruhi sensitivitas tubuh terhadap suhu dingin, sementara hipertiroidisme dapat menyebabkan tremor pada tangan.

7. Efek Samping Obat: Pemakaian obat bius atau anestesi umum selama operasi dapat memicu Menggigil, terutama dalam ruangan dingin.

Cara Mengatasi Tubuh Menggigil:

  1. Mengenakan Pakaian Hangat: Kenakan jaket atau selimut tebal untuk melawan suhu dingin. Pertimbangkan menurunkan suhu pendingin udara atau menyalakan pemanas.
  2. Minum Air Secukupnya: Hindari Dehidrasi dengan minum air cukup. Kekurangan cairan dapat menghambat termoregulasi tubuh.
  3. Minum Obat Demam: Konsumsi obat penurun demam seperti paracetamol jika Menggigil disebabkan oleh infeksi. Kompres tubuh dengan air hangat juga dapat membantu.
  4. Minum Jahe Hangat: Jahe dapat membantu menghangatkan tubuh. Rebus jahe dengan sedikit madu untuk hasil terbaik.
  5. Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat: Makan camilan tinggi karbohidrat seperti roti, nasi, atau pisang untuk meningkatkan gula darah dan meredakan Menggigil.

Dengan memahami penyebab Menggigil dan langkah-langkah mengatasi, diharapkan dapat membantu menjaga Kesehatan dan kenyamanan tubuh. Tetap pantau Kesehatan Anda dan konsultasikan dengan ahli medis jika Menggigil berlanjut atau disertai gejala lain yang mencemaskan.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode