HeadlineSosial Kebudayaan

Miliki Peran Penting dalam Menjaga Persatuan

Sumsel Independen – Melalui Dialog Kebangsaan Sumpah Pemuda yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Gerakan Kemerdekaan (PGK) yang diadakan di Aula Kantor DPD RI Sumsel, peran pemuda sangatlah diharapkan dapat berkontribusi guna pembangunan bangsa.

“Berbagai tantangan harus dihadapi oleh para pemuda, salah satunya yaitu tantangan di era milenial ini, antara lain bonus demografi, dimana lebih banyaknya penduduk yang berusia produktif. Jika tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang memadai, maka hal itu akan meningkatkan angka pengangguran,” ungkap Sekretaris PWNU Sumsel, Hernoe Roesprijadji selaku pemateri, Kamis (31/10).

Dalam kegiatan tersebut, Hernoe juga mengajak para pemuda untuk selalu cerdas dalam menyaring setiap isu yang tersebar, baik melalui pemberitaan serta di lingkungan masyarakat.

Istimewa

“Di Nahdatul Ulama (NU)0 ada yang namanya tabayun. Ketika ada berita yang tidak bisa di pertanggung jawabkan, maka kita harus konfirmasi dulu kepada yang bersangkutan agar tidak menjadi fitnah yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Baca Juga :   Suksesi Kepemimpinan 2024 Mulai Bergolak

Ditempat yang sama, Anggota DPD RI, Jialyka Maharani menyampaikan, bahwa pemahaman Pancasila harus dipahami oleh para pemuda secara mendalam.

“Kita sebagai pemuda Sumatera Selatan harus menanamkan sila-sila pancasila dalam hati kita dan mendalami makna yang tersirat di dalamnya sehingga tidak terjadi pelanggaran hukum dan perpecahan diantara kita,” tuturnya yang juga hadir selaku pemateri.

Masih dikatakan Jialyka, para pemuda juga diharapkan untuk terus semangat dan bersinergi dalam membangun persatuan di Indonesia khususnya Sumatera Selatan.

“Momentum sumpah pemuda ini menjadi pengingat kita sebagai pemuda yang terus berkontrinusi untuk kemajuan bangsa indonesia, dan menjunjung tinggi pancasila,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD PGK Palembang Samsul Bahri mengatakan bahwa, sebagai penerus generasi bangsa, para pemuda memiliki suatu tugas dalam menjaga persatuan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan dan pemimpin bangsa.

“Semangat pemuda itu haruslah di gelorakan, karena pemuda adalah harapan bagi bangsa. Dengan diadakannya kegiatan ini, semoga kedepan memberikan semangat baru untuk kita dalam hal ini pemuda, terutama mengetahui peran pemuda di era milenial,” singkat Samsul. (ma/jang)

Baca Juga :   Serahkan LKPD, Herman Deru Optimistis Sumsel Raih WTP

Penulis : Surya Bimantara dan
Bujang Agung L

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button