Griya Literasi

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh Pada 12 Maret 2024

Minggu, 10 Mar 2024 21:44 1 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen – Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan awal Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Keputusan tersebut diumumkan dalam Sidang Isbat yang digelar secara langsung di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang Isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 H jatuh hari Selasa 12 Maret 2024 Masehi,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (10/3/2024) dikutip dari detik.com

Sidang Isbat ini merupakan hasil kesepakatan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Griya Literasi

Proses Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 2024 melibatkan tiga tahap penting. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag yang dimulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka untuk umum dan disiarkan secara live di channel YouTube Bimas Islam.

Kedua, setelah salat Magrib, Sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah dilanjutkan secara tertutup. Selain data hisab, sidang juga merujuk pada hasil rukyatulhilal yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Terakhir, konferensi pers hasil Sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah disiarkan melalui media sosial Kemenag RI.


Editor: Syaidina Ali

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode