Griya Literasi

Sering Diguyur Hujan, Dinkes PALI Sosialisasi DBD

Senin, 26 Feb 2024 17:38 2 menit membaca
PEMKAB MUBA

Sumsel Independen — Dinas kesehatan kabupaten pali melaksanakan sosialisasi pencegahan Demam berdarah (DBD) terlebih akhir akhir ini kabupaten pali sering di guyur hujan sehingga terjadi genangan air hal tersebut menyebab bersarangnya nyamuk,Dengan menyikapi hal tersebut Dinas Kesehatan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir(PALI) melaksanakan kegiatan bagi-bagi bubuk abate tersebut, berkeliling ke tempat berkumpulnya masyarakat, seperti di Simpang Lima Pendopo, Terminal dan Pasar Inpres Pendopo yang dilakukan pada minggu 25 Februari 2024 kemarin .

Dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI, Birman Alamsyah bahwa aksi tersebut untuk menekan berkembang biaknya nyamuk penyebar penyakit demam berdarah.

Musim penghujan biasanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat akibat nyamuk penyebar penyakit tersebut menyebar ditempat favorit mereka yakni pada genangan air,” ujar Birman, Senin 26 Februari 2024.

Griya Literasi

Untuk itu, Birman menginstruksikan jajarannya agar turun ke lapangan membagikan bubuk abate supaya taburkan pada tempat atau bak penampungan air.

“Bubuk abate ini untuk menekan pertumbuhan nyamuk, kami sasar tempat warga mengumpul untuk ditabur di bak penampungan air,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Birman menghimbau warga PALI agar tetap menjaga lingkungan dari genangan air dan dalam menghindari terkena DBD warga disarankan untuk menerapkan pola 3M.

Bersihkan secara berkala saluran air atau drainase agar tidak ada genangan air, buang sampah pada tempatnya serta kubur sampah yang berpotensi menjadi genangan air seperti botol bekas, kaleng dan lainnya juga rajin menguras bak mandi,” saran Birman.

Dengan adanya aksi bagi-bagi bubuk abate serta himbauan penerapan pola 3M, Birman berharap kasus DBD di kabupaten PALI bisa ditekan.

“Harapan kami tentu bisa ditekan dan apabila terjadi kasus DBD, kami langsung ke lapangan melakukan fogging agar tidak menyebar,” Tungkasnya. (Den)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    MAJALAH TERBARU

    Majalah Independen Edisi LIV

    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode