Griya Literasi

Bahaya Konsumsi Durian Berlebihan: Perlu Waspada!

Senin, 12 Feb 2024 13:25 2 menit membaca

Sumsel Independen — durian, buah asli Asia Tenggara, memang menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Meski begitu, perlu diingat bahwa mengonsumsi durian secara berlebihan dapat berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Terutama bagi mereka yang mengidap obesitas, hipertensi, penyakit jantung, dan Diabetes.

Melansir dari Halodoc.com, Berikut adalah beberapa dampak negatif dari mengonsumsi durian secara berlebihan:

1. Masalah Pencernaan

durian dapat menyebabkan masalah Pencernaan seperti sakit perut dan perut kembung jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Meskipun mitos “mabuk durian” tidak benar, efek ini dapat memberikan ketidaknyamanan yang signifikan.

2. Peningkatan berat badan

durian mengandung tinggi kalori dan karbohidrat, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Orang dengan obesitas sebaiknya membatasi konsumsi durian untuk menjaga keseimbangan kalori.

3. Bahaya Bersama Alkohol

durian dapat berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol. Buah ini menghambat pemecahan alkohol dalam tubuh, menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, muntah, dan reaksi tidak menyenangkan lainnya.

4. Peningkatan Gula Darah

Bagi penderita Diabetes, konsumsi durian perlu diperhatikan. Kandungan glukosa dalam durian dapat meningkatkan gula darah, memperburuk gejala Diabetes. Pemantauan ketat diperlukan jika ingin menikmati durian.

5. Tidak Aman dengan Obat Diabetes

Makan durian saat mengonsumsi obat Diabetes dapat menghambat kerja obat. Oleh karena itu, bagi yang memiliki Diabetes atau sedang menjalani pengobatan, konsultasikan dengan dokter sebelum menikmati durian.

Batas konsumsi durian yang aman bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan individu. Sebaiknya, bijaklah dalam mengonsumsi buah ini, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan durian dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu.

Laporan: Sri Jumiarti

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


    Sponsor

    Wujudkan Supremasi Hukum
    <

    Majelis Dzikir Ustadz H. Hendra Zainuddin

    Bengkel Las Listrik Karya Jaya

    Perumahan

    xBanner Samping
    xBanner Samping
    Beranda Cari Trending Lainnya
    Dark Mode